TribunPontianak/

2019, Jembatan Landak II Sudah Bisa Difungsikan

Akhir 2018 ini kita rencanakan rangka nya sudah selesai asal tidak ada kendala, hitungan kita bisa dan akan kita usahakan.

2019, Jembatan Landak II Sudah Bisa Difungsikan
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/SYAHRONI
Wali Kota Pontianak, Sutarmidji menyiramkan air pada tiang pertama pembangunan Jembatan Landak II, Kamis (7/12/2017). 

Laporan Wartawan Tribun Pontianak, Syahroni

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Kepala Satker Pelaksana Jalan Nasional (PJN) Wilayah I Balai Besar 11 Banjarmasin, Herlan Hutagaul menuturkan pembangunan duplikasi Jembatan Landak termasuk pembangunan yang multi years.

Untuk pendanaan ia sebut telah direncanakan tiga tahun, untuk menunjang percepatan penambangan pihaknya mengusahakan fisik dari jembatan akhir tahun 2018 sudah selesai.

"Akhir 2018 ini kita rencanakan rangka nya sudah selesai asal tidak ada kendala, hitungan kita bisa dan akan kita usahakan. Tapi ya namanya manusia berencana tetap tuhan yang menentukan. Rencana kontrak nya tetap tiga tahun. Kita coba percepatan 2019 ini selesai," tambahnya.

Herlan menuturkan rangka atas sudah ada di kementerian, karena ada perhitungan biar seragam dengan pembangunan jembatan lainnya.

"Kalau jembatan ini yang agak berbeda-beda itu memang di bangunan bawah nya. Karena setiap sungai ada karakteristik sendiri, kayak tanah punya lapisan yang berbeda di setiap sungai," tambahnya.

(Baca: Siapkan Rp 100 Miliar untuk Pembebasan Lahan Pembangunan Jembatan Landak II )

Untuk Sungai Landak dikatakannya karakteristik tanahnya minimal dua sambung tiang atau 24 meter, namun itu kemungkinan lebih dalam lagi mengingat struktur tanah di Kota Pontianak adalah gambut.

"Minimal 24 meter, tapi mungkin nanti sampai batas akhirnya tanah keras nya berapa, soalnya nanti setelah ini kita tes PDA, dua hari lagi kita tes lagi. Dengan tujuan benar atau tidak masuk nya sampai dimana. Itu pasti kita tes takutnya disini kan tanahnya lunak, takutnya bergeser," sebutnya.

Sementara itu, Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) 4, Pelaksana Jalan Nasional Wilayah I, Balai Besar Jalan Nasional XI Banjarmasin, Endang Sutiani menuturkan telah menyiapkan Rp 73 miliar untuk pembangunan Jembatan Landak II.

Halaman
12
Penulis: Syahroni
Editor: Rizky Zulham
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help