TribunPontianak/

Masih Banyak Desa Terapkan Manajemen Tukang Sate, Ini Kendalanya Kata Hotler

Seperti Dana Desa dan Alokasi Dana Desa, itu harus dikelola dengan baik untuk kesejahteraan masyarakat

Masih Banyak Desa Terapkan Manajemen Tukang Sate, Ini Kendalanya Kata Hotler
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID / RIZKY PRABOWO RAHINO
┬áKepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintah Desa Sintang, Hotler Panjaitan 

Laporan Wartawan Tribun Pontianak, Rizky Prabowo Rahino

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, SINTANG – Sumber Daya Manusia (SDM) aparatur desa diakui masih jadi problem di desa-desa yang tersebar di 14 Kecamatan se-Kabupaten Sintang. Otomatis, kondisi ini mengakibatkan Pemerintahan Desa (Pemdes) yang menerapkan sistem manajemen tukang sate.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintah Desa Sintang, Hotler Panjaitan tidak menampik kondisi ini masih ditemui di beberapa desa.

“Ya, masih ada Pemdes menerapkan manajemen tukang sate. Kepala Desanya buat surat, dia juga yang ngantar. Kemudian Kepala Desa menjadi bendahara. Padahal pekerjaan sudah diatur sesuai tupoksinya, jika merangkap seperti ini tentu jadi perhatian dan berisiko,” ungkap Hotler, Minggu (10/9/2017).

(Baca: Inilah Pria Beristri Lebih dari 7 Orang, Nomor 6 Miliki Berlian Seharga Rp 2 Triliun )

Kendati jumlahnya tidak begitu banyak, namun tetap saja problem ini jadi Pekerjaan Rumah (PR) bagi pihaknya. Hotler berkomitmen benahi SDM aparatur desa melalui bimbingan teknis (bimtek) dan sosialisasi.

"Pembenahan bertujuan mengantisipasi jangan sampai terjadi hal-hal tidak di luar keinginan, seperti penyalahgunaan wewenang. Seperti Dana Desa dan Alokasi Dana Desa, itu harus dikelola dengan baik untuk kesejahteraan masyarakat,” terangnya.

Hotler menambahkan jika SDM aparatur desa berkualitas dan mumpuni, maka segala program Pemerintah Pusat dapat diterjemahkan dan diimplementasikan secara baik. SDM berkualitas juga mempermudah pencapaian asa bahwa desa berkontribusi bagi Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten.

“Harapan Pemerintah Pusat, desa-desa menjadi mandiri dan mampu memenuhi segala kebutuhan masyarakatnya di masa mendatang,” tukasnya. 

Penulis: Rizky Prabowo Rahino
Editor: Jamadin
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help