Bawaslu Kalbar Siap Awasi Pantarlih dan Akan Lakukan Sampling

Sebagai informasi, pembentukan Pantarlih merupakan salah satu tugas Ad Hoc yang dibentuk oleh KPU untuk melakukan pendataan pemutakhiran data pemilih

TRIBUNPONTIANAK/MUHAMMAD FIRDAUS
Divisi Pengawasan dan Hubungan Antar Lembaga Komisioner Bawaslu Kalbar, Faisal Riza pada saat diwawancarai Tribun Pontianak, Kamis, 18 Agustus 2022. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Memasuki proses pembentukan Panitia Pendaftaran Pemilih (Pantarlih), Anggota Bawaslu Provinsi Kalimantan Barat, Faisal Riza menjelaskan akan melakukan pengawasan dangan proses sampling. 

Sebagai informasi, pembentukan Pantarlih merupakan salah satu tugas Ad Hoc yang dibentuk oleh KPU untuk melakukan pendataan pemutakhiran data pemilih yang dilakukan di lapangan.

"Meskipun memang secara personil kita ini sangat sedikit, karena itu kami Bawaslu akan melakukan sampling untuk mengetahui apakah orang-orang ini sudah mencoklit di lapangan," katanya kepada TribunPontianak.co.id pada, Selasa 24 Januari 2023.

Tak hanya itu, dengan adanya pengawasan ini juga dilakukan sebagai bentuk validasi antara data dan lapangan. 

"Dari sisi KPU juga menyediakan sistem pengaduan online dan sebagainya ini saya kira ini cukup bagus, tapi disisi lain proses pengawasan yang dilakukan oleh kita di lapangan juga harus terjadi," katanya. 

Proses Pembentukan Panitia Pendaftaran Pemilih, Bawaslu Kalbar Ungkap Potensi Pelanggaran

Ia juga menjelaskan proses pengawasan ini dilakukan karena adanya pengalaman dari pemilu tahun 2019 lalu, dimana masih terdapat Pantarlih yang tidak melaksanakan tugasnya dengan baik. 

"Proses ini tentu kita awasi akan adanya potensi pelanggaran yang terjadi, karena belajar dari Pemilu tahun 2019 lalu, Pantarlih ini masih ada yang tidak melaksanakan tugasnya, dan memang perlu di awasi," katanya. 

Ketua Bawaslu Kalbar Ajak Kepala Desa di Kayong Utara Lakukan Upaya Pencegahan Pelanggaran

Cek berita dan artikel mudah diakses di Google News

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved