Profil

Profil Melati Fajarwati, Wirausahawan Muda Asal Pontianak Owner Brand Muslimah Melati Burlian

Melalui brand Melati Burlian, ia menawarkan produk yang sesuai kebutuhan muslimah masa kini. Berbagai koleksinya bisa dilihat di media sosialnya dan t

Penulis: Maskartini | Editor: Faiz Iqbal Maulid
Istimewa
Melati Fajarwati, pemilik brand muslimah Melati Burlian. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID - Melati Fajarwati merupakan Wirausaha Muda Mandiri Kanwil Kalimantan 2010 dan Wirausaha Muda Mandiri Nasional 2010, kini sukses melebarkan sayapnya di dunia fashion.

Melalui brand miliknya yakni Melati Burlian, ia menawarkan produk yang sesuai kebutuhan Muslimah masa kini. Berbagai koleksinya bisa dilihat di media sosialnya dan toko Sahabat Muslimah Jalan Pangeran Natakusuma nomor 185, tepatnya didepan Gang Siliwangi, Pontianak.

Awalnya Melati yang memiliki tubuh semampai memang penyuka fashion dengan style-nya yang selalu good lucking. Ia pun melihat peluang fashion muslimah khususnya hijab berkembang pesat. 

"Zaman menggunakan blackberry saya sering selfie dan memposting beberapa foto pribadi saya di media sosial. Beberapa teman dan kerabat tertarik, itulah saya berinisiatif untuk menjual pakaian muslimah," ujar Melati, Rabu 7 Desember 2022.

Lestarikan Adat Budaya, Melati Burlian Pilih Motif Ular Berkepala Dua Hingga Corak Insang

Brand Melati Burlian, Angkat Motif Hutan Kalimantan di Tepian Sungai Kapuas Pontianak Ala Muslimah

Sebagian besar pembeli diakui Melati adalah sahabat dan kerabat. Itu lah mengapa butik ia namai Sahabat Muslimah. "Awalnya, tahun 2012 saya buka dalam gang nyewa garasi orang, banyak peminat Alhamdulillah berkembang," ujarnya. 

Ia pun mulai memberanikan diri membuka Butik Sahabat Muslimah di Jalan Pangeran Natakusuma.

"Hingga saat ini, Alhamdulillah masih banyak diminati, pada tahun 2018 saya mendapatkan beasiswa dari Bank Mandiri  Jakarta untuk belajar bisnis bersama action coach yang mana coching bisnis ini berasal dari Australia," ujarnya.

Di sana, Melati mengaku ditantang oleh salah satu coach yaitu Yohana Setia Budi untuk membuat sesuatu yang lebih bernilai budaya yang bersifat modern dan dituangkan dalam  bentuk produk muslimah yang mengangkat nilai budaya Kalimantan secara etnik dan bernilai jual nilai tinggi.

"Dari tantangan itu, saya memulai untuk mempelajari motif-motif Kalimantan dan mulai mempelajari cara mendesain busana yang lebih baik. Saya belajar di Jakarta bersama Adibarlan dan Paris Lamode School dari bekal beberapa ilmu yang saya dapati  saya mulai membuat brand khusus etnik rancangan saya sendiri dengan brand Melati Burlian," ujarnya.

Brand yang ia ambil, merupakan gabungan dua nama Melati dan sang ayahanda atau kakek Burlian. Ia pun membuat desain setradisional dan semodern mungkin agar lebih menarik oleh anak muda dan ibu-ibu muda. 

"Dari kesenangannya berbusana dan ilmu mendesain, saya memberanikan diri membawa nama Kalbar mengikuti fashion show nasional berstandart global di Jakarta dalam acara Tanggerang Fashion Parade pada November 2022 di Mall Teras Kota bersama 80 desainer seluruh Indonesia," ujarnya.

Biodata 

Nama lengkap:  Melati Fajarwati, S.Pd

Tempat lahir: Pontianak

Halaman
123
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved