Lokal Populer

Ajak Umat Bangun Ulang Gua Maria Bukit Kelam yang Ambruk di Sintang

Gua yang berada di Kaki Bukit Kelam, Kecamatan Kelam Permai, Sintang, Kalimantan Barat, diketahui ambruk pada Minggu 4 Desember 2022 kemarin.

Tribunpontianak/Agus Pujianto
Sejumlah warga tampak bekerja bakti untuk membersihkan puing material banguna gua maria yang ambruk pada Minggu 4 Desember 2022 lalu. Sejak Selasa 6 Desember 2022 pagi, warga yang tinggal di sekitar komplek wisata rohani sudah datang untuk membersihkan material besi, dan beton yang ambruk. Warga yang gotong royong membersihkan material gua yang ambruk bukan hanya warga yang tinggal di sekitar wisata rohani di TWA Bukit Kelam. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID - Direktur Wisata Rohani Bukit Kelam, Romo Patris mengajak umat ambil bagian untuk membangun ulang Gua Maria.

Gua yang berada di Kaki Bukit Kelam, Kecamatan Kelam Permai, Sintang, Kalimantan Barat, diketahui ambruk pada Minggu 4 Desember 2022 kemarin.

"Kita akan bangun lagi secepatnya. Mohon pada donatur umat katolik untuk bisa ambil bagian. Kita bangun ulang," kata Romo Patris saat dikonfirmasi Tribun Pontianak, Selasa 6 Desember 2022.

Gua Maria berada di komplek wisata rohani tepat di bawa kaki Bukit Kelam.

Bidhumas Polda Kalbar Gelar Supervisi dan Asistensi Bidang Kehumasan di Polres Sanggau

Selain Gua Maria, di sana juga terdapat jalan salib Dharma retreat.

Sebagai destinasi religi di Gua Maria Bukit Kelam terdapat replika dari kisah perjalanan salib Yesus sampai ke masa terakhir-Nya sebelum akhirnya meninggal di kayu salib.

Pada tahun 2023 mendatang, Gua Maria yang ambruk berusia 15 tahun.

"Tahun depan masuk usia 15 tahun. Padahal saya sudah berencana untuk mengadakan kegiatan nanti pada perayaan 15 tahun. Tapi ketika 5 desember kemarin gua maria ditemukan sudah ambruk ya sudah, mau bagaimana lagi," ujar Patris.

Patung Bunda Maria masih tegak berdiri

Meski struktur bangunan gua ambruk, patung Bunda Maria masih tegak berdiri.

Dugaan sementara, Gua Maria ambruk karena konstruksi yang kurang kokoh dan menempel di pohon.

Dari pantauan Tribunpontianak di lokasi, sejumlah warga tampak bekerja bakti untuk membersihkan puing material banguna gua yang ambruk.

Sejak selasa pagi, warga yang tinggal di sekitar komplek wisata rohani sudah datang untuk membersihkan material besi, dan beton yang ambruk.

Warga yang gotong royong membersihkan material gua yang ambruk bukan hanya warga yang tinggal di sekitar wisata rohani di TWA Bukit Kelam.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved