Anggota DPRD Mempawah Harap Pemda Bahas Regulasi Terkait BBM Subsidi Bagi Petani

Dikatakannya, yang menjadi salah satu aspirasi para petani di Dapil nya, rata-rata petani mengeluhkan dan membutuhkan BBM subsidi dalam mengolah lahan

Penulis: Ramadhan | Editor: Faiz Iqbal Maulid
Tribunpontianak/Ramadhan
Ketua Fraksi Hanura DPRD Mempawah, Tri Margono, ketika ditemui di Gedung DPRD Kabupaten Mempawah, Selasa 6 Desember 2022. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, MEMPAWAH - Ketua Fraksi Hanura DPRD Mempawah, Tri Margono mengungkapkan hasil aspirasi yang diserapnya dari daerah pemilihannya (Dapil) Sungai Pinyuh - Anjongan, yakni terkait bidang pertanian.

Dikatakannya, yang menjadi salah satu aspirasi para petani di Dapil-nya, rata-rata petani mengeluhkan dan membutuhkan BBM subsidi dalam mengolah lahan pertaniannya dengan peralatan modern.

“Masyarakat petani khususnya di Sungai Pinyuh-Anjongan sangat menginginkan adanya regulasi khusus yang menjamin petani bisa mendapatkan BBM subsidi di SPBU. Sebab, mereka sangat membutuhkan BBM subsidi,” ungkap Tri Margono saat ditemui Tribun Pontianak, Selasa 6 Desember 2022.

Oleh sebab itu, Tri Margono mendorong pemerintah daerah melalui instansi terkait agar duduk satu meja membahas regulasi yang tepat untuk membantu petani supaya mendapatkan BBM subsidi dengan mudah dan terjangkau.

“Alhamdulillah sudah ada respon dari Dinas Pertanian dengan membuatkan rekomendasi kepada kelompok tani agar bisa mendapatkan BBM subsidi. Beberapa waktu lalu sudah dikeluarkan rekomendasi untuk Gapoktan di Anjongan Melancar,” terang Margono.

Utusan Kerajaan Gowa Kunjungi Mempawah, Napak Tilas ke Makam Daeng Fatimah di Pulau Temajo

Bonus Rp 900 Juta Dari Pemkab Untuk Atlet dan Pelatih Kontingen Kabupaten Mempawah

Selain itu tambah Margono, pihak SPBU pun memberikan respon positif terhadap regulasi yang diterbitkan Dinas Pertanian Kabupaten Mempawah.

Dikatakannya, SPBU siap membantu petani untuk mendapatkan BBM subsidi sesuai kebutuhannya.

“SPBU sudah memberikan lampu hijau. Hal-hal yang menyangkut teknis nanti akan diatur sendiri oleh SPBU dan instansi terkait. Namun, kita akan tetap mengawasi agar regulasi ini disalahgunakan,” jelasnya.

Untuk itu, Margono juga mengingatkan Poktan agar menggunakan rekomendasi BBM subsidi tersebut dengan sebaik mungkin dan sesuai keperuntukannya.

Sehingga tambah Margono, para petani dapat menggarap lahan-lahan pertaniannya dengan maksimal menggunakan peralatan modern dan tepat guna.

“Beberapa peralatan yang memerlukan bahan bakar seperi traktor, traiser dan lainnya sangat dibutuhkan petani untuk menggarap lahan pertanian. Mulai dari mempersiapkan lahan hingga proses panen padi,” tutupnya.

Cek berita dan artikel mudah diakses di Google News

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved