Pimpin Upacara HUT Polairud ke-72, Kapolda Kalbar: Selalu Bersinergi dengan Seluruh Stakeholder

Saya yakin dan percaya Kepolisian Perairan dan Udara akan tetap kokoh dan tangguh dalam menghadapi setiap tantangan tugas kedepan

Editor: Jamadin
Dok. Humas Polda Kalbar
Kapolda Kalbar Irjen Pol Suryanbodo Asmoro menjadi inspektur upacara dalam peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-72 Kepolisian Perairan dan Udara (Polairud), di Lapangan Jananuraga Mapolda Kalbar, Senin 5 Desember 2022. 

TRIBUNPONTIANAK. CO. ID, PONTIANAK - Kepala Kepolisian Daerah Kalimantan Barat Irjen Pol Suryanbodo Asmoro menjadi inspektur upacara dalam peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-72 Kepolisian Perairan dan Udara (Polairud), di Lapangan Jananuraga Mapolda Kalbar, Senin 5 Desember 2022.

HUT Polairud ke-72 tahun ini mengusung tema "Polairud Profesional dan Efektif Mendukung Pembangunan Ekonomi Maritim Nasional Untuk Mewujudkan Indonesia Tangguh".

Dalam amanatnya, Kapolda Kalbar mengatakan, bahwa keberadaan dan eksistensi Kepolisian Perairan dan Kepolisian Udara hingga saat ini merupakan buah dari kerja keras para pendahulu kita yang sudah merintis pembentukan organisasi, pengembangan alut, infrastruktur serta sumber daya manusia Polairud sejak tahun 1950.

Peringati HUT Polairud ke-72, Sat Polairud Polres Mempawah Gelar Aksi Sosial Donor Darah

"Sudah sepantasnyalah kita mengucapkan terima kasih serta apresiasi yang setinggi-tingginya kepada pendahulu kita yang telah mengorbankan tenaga, pikiran bahkan jiwa dan raga, sehingga mampu meletakkan pondasi yang kokoh sebagai pijakan generasi penerus Kepolisian Perairan dan Udara dalam pengembangan dan penguatan institusi hingga mencapai kemajuan yang signifikan seperti saat ini," jelas Kapolda Kalbar.

Menurutnya, saat ini pemerintah dan pimpinan Polri telah memberikan perhatian yang besar terhadap Kepolisian Perairan dan Udara dengan memberikan dukungan anggaran yang cukup besar, penambahan personel yang memiliki keahlian khusus serta alut dan almatsus di jajaran Korpolairud.

Karena Polairud memiliki tugas yang lengkap mulai dari kegiatan deteksi dini, preemtif, preventif dan penegakkan hukum di wilayah perairan dan udara sehingga jajaran Kepolisian Perairan dan Udara juga terlibat secara aktif dalam kegiatan prioritas Polri seperti patroli perbatasan, patroli Selat Malaka, hotspot, sambang nusa, illegal fishing dan illegal oil serta mendukung operasional kepolisian baik operasi Kepolisian terpusat maupun kontinjensi.

Seperti kita ketahui bersama bahwa beberapa waktu yang lalu telah terjadi musibah kecelakaan helikopter NBO 105 P-1103 dalam tugas penerbangan dari Pangkalanbun Kalteng menuju Tanjung Pandan Belitung yang lost contact di perairan Belitung Timur Kepulauan Bangka Belitung.

"Mari kita bersama-sama mendoakan yang terbaik untuk semua crew helikopter NBO 105 P-1103," ujarnya.

Ia mengatakan, keberhasilan yang telah diraih tidak menjadikan kita berpuas diri namun menjadi motivasi untuk meningkatkan semangat dalam bekerja lebih profesional yang dilandasi dengan tulus dan ikhlasikhlas.

Selanjutnya diingatkan kepada seluruh personel Kepolisian Perairan dan Udara untuk tetap memelihara kesehatan dan terus mengasah kemampuan dan ketrampilan diri karena kedepan memerlukan kesiapan dan antisipasi dalam menghadapi tantangan tugas serta kesiapsiagaan tanggap bencana alam.

Kapolda Kalbar menekankan, tingkatkan terus keimanan dan ketaqwaan kepada tuhan yang maha esa serta lakukan inovasi dan terobosan kreatif dalam rangka meningkatkan kepercayaan masyarakat, tekan perilaku menyimpang, budaya koruptif, penyalahgunaan wewenang dan budaya hidup bermewah mewah yang dapat merusak citra Polri.

"Tingkatkan kemampuan dalam menganalisa situasi dan kondisi sehingga dapat memprediksi permasalahan serta potensi gangguan kamtibmas yang akan terjadi," bebernya.

Serta selalu meningkatkan sinerigitas dan kerjasama dengan seluruh stakeholder guna menciptakan keamanan perairan perbatasan antar negara yang kondusif.

"Saya yakin dan percaya Kepolisian Perairan dan Udara akan tetap kokoh dan tangguh dalam menghadapi setiap tantangan tugas kedepan," tutup Kapolda Kalbar.

 

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved