Tinju Dunia

Nama-nama Hasil Akhir atau Keputusan Dalam Tinju Dunia, Mulai Dari KO, TKO Hingga NC

Apabila petinju jatuh hingga ke luar ring, maka akan dilakukan hitungan sampai ke-20.

Tangkapan Layar TV One
Tangkapan Layar Tinju Dunia tayang TV One Sabtu 27 Agustus 2022 saat Floyd Mayweather vs Oscar De La Hoya. Cek Apa Saja pengertian Hasil dalam Tinju Dunia dalam artikel ini 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID - Hasil keputusan Tinju Dunia mempunyai sejumlah nama.

Umumnya yang dikenal adalah KO dan TKO.

Selain KO dan TKO, Tinju Dunia juga mengenal beberapa keputusan lain seperti Unanimous Decision (UD), Split Decision (SD), Majority Decision (MD), Points (PTS), Retired (RTD);

Technical Decision (TD), Technical Draw (TD), No Decision (ND)/No Contest (NC), Draw (D), Split Draw (SD), Majority Draw (MD), dan Disqualification (DQ).

Knockout (KO) KO atau Knockout terjadi ketika seorang petinju dijatuhkan oleh lawan sehingga dia tidak bisa bangkit dalam posisi berdiri tegak atau merespons pertanyaan wasit sampai hitungan ke-10.

Apabila petinju jatuh hingga ke luar ring, maka akan dilakukan hitungan sampai ke-20.

Hasil Tinju Dunia Juan Francisco Estrada vs Roman Gonzalez: 36 Ronde Tuntas! Angka Jadi Patokan Juri

Sementara Technical Knockout (TKO) terjadi tidak berdasarkan apakah petinju yang jatuh bisa bangkit lagi sebelum hitungan ke-10, tetapi karena keputusan wasit.

Dengan kata lain, TKO terjadi karena wasit memperhatikan keselamatan seorang petinju sehingga dia memutuskan menghentikan pertarungan.

Wasit biasanya akan memberi tanda atau sinyal keputusan TKO dengan menyilangkan tangan.

Penyebab seorang petinju bisa dinyatakan kalah TKO diantarnya adalah mengalami cedera atau pendarahan akibat pukulan lawan.

Dokter ring memberikan rekomendasi agar pertandingan dihentikan setelah melihat kondisi petinju yang sudah tidak layak tanding.

Namun, keputusan akhir tetap berada di tangan wasit. Wasit menganggap petinju sudah tidak mampu meneruskan pertandingan karena kekuatan sudah tidak berimbang.

Tinju Dunia Junior Manny Pacquiao vs Ryo Akaho Minggu 4 Desember 2022 Diputuskan Tanpa Hasil Akhir

Deontay Wilder mengalahkan Robert Helenius di ronde pertama dengan KO dalam pertarungan penyisihan gelar kelas berat dunia WBC di Barclays Center pada 15 Oktober 2022 di Brooklyn, New York. Cek nama-nama hasil dalam TInju Dunia
Deontay Wilder mengalahkan Robert Helenius di ronde pertama dengan KO dalam pertarungan penyisihan gelar kelas berat dunia WBC di Barclays Center pada 15 Oktober 2022 di Brooklyn, New York. Cek nama-nama hasil dalam TInju Dunia (Al Bello/Getty Images/AFP)

Wasit menganggap tidak perlu menyelesaikan hitungan sampai ke-10 karena petinju dinilai sudah tidak mampu bertanding atau kondisinya kritis setelah jatuh ke kanvas.

Pihak petinju (pelatih) melemparkan handuk ke dalam ring karena sang petinju dianggap sudah tidak mampu meneruskan pertandingan.

Halaman
12
Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved