Info Stimulus

Kapan BLT BBM Tahap 2 Diluncurkan Kepada KPM Terdampak Naiknya Solar dan Pertalite September 2022?

Diketahui BLT BBM merupakan Pemerintah kepada masyarakat terdampak naiknya harga Solar dan Pertalite September 2022 tahap 2 kini dalam proses pencaira

Tribunpontianak.co.id/ka
BLT BBM TAHAP 2 mulai Desember-Ini adalah informasi mengenai pencairan BLT BBM tahap 2 bulan Desember yang merupakan timbal balik dari kenaikan harga BBM jenis Solar dan Pertalit, BLT BBM diberikan kepada KPM yang terdaftar di DTKS Kemensos sebesar Rp 600.000. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID - Pemerintah melalui Kementerian Sosial ( Kemensos ) akan kembali menyalurkan sejumlah bantuan sosial ( Bansos ) pasca kenaikan harga BBM.

Diketahui BLT BBM merupakan Pemerintah kepada masyarakat terdampak naiknya harga Solar dan Pertalite September 2022 tahap 2 kini dalam proses pencairan lewat PT Pos Indonesia.

BLT BBM ini diberikan kepada keluarga penerima manfaat sebesar Rp 150 ribu per bulan sepanjang September-Desember 2022.

Diketahui, program BLT BBM tahap 2 melalui PT Pos Indonesia (Persero) ini telah tersalur kepada 3 juta keluarga penerima manfaat (KPM) 14 persen dari 20,65 juta penerima.

BLT BBM Lanjutan Rampung Desember 2022, KPM Perlu Siapkan KTP Saat Pencairan BLT Via Kantor Pos!

Sebagaimana yang telah dijadwalkan sejak naiknya harga BBM bersubsidi bahwa BLT BBM akan diberikan kepada KPM dalam dua tahapan yaitu selama empat bulan.

Pemberian BLT BBM merupakan Bansos tambahan sebagai kompensasi atas keputusan pemerintah menaikkan harga BBM bersubsidi.

Pencairan BLT BBM telah rampung pada September lalu, bagi setiap KPM yang terdaftar dari data DTKS dapat menerima uang tunai sebesar Rp 600 ribu secara keseluruhan.

Sementara pada tahap pertama BLT BBM diberikan setengahnya yaitu Rp 300.000, proses pengambilan dananya via Kantor Pos.

Hingga saat ini pencairan BLT BBM tahap 2 masih berlangsung untuk beberapa daerah, Mengenai program bantuan sosial juga merupakan komitmen pemerintah untuk menanggulangi kesenjangan sosial ditengah masyarakat akibat menurunnya daya beli masyarakat. 

Tidak Harus KTP! Dokumen Ini Juga Bisa Dipakai Untuk Menerima BLT BBM Tahap 2 Desember 2022

Pada bulan September lalu saat pengumuman kenaikan harga BBM Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan, BLT BBM akan kembali cair untuk tahap pertama di bulan September dan tahap kedua November-Desember 2022

"Yang pertama kan Rp 300 ribu. Nanti diterima lagi Rp 300 ribu di akhir November atau awal Desember ya," ujar Jokowi, dikutip dari Tribunnews.co.id 

Hal senda juga pernah disampaikan oleh Dirjen Anggaran dan Keuangan Isa Rachmawarta yang memberikan keterangan bahwa BLT BBM sebagai bentuk kompensasi atas naiknya subsidi Solar dan Pertalite akan secepatnya diterima oleh KPM yang terdaftar sebagai penerima BLT BBM dengan syarat terdaftar di DTKS Kemensos. 

"Ini disalurkan dalam bentuk dua bulan sekali, di mana September dan Oktober masing-masing Rp 150.000 dan ini sudah disalurkan sebanyak Rp 300.000 per keluarga."

"Nanti di November akan disalurkan yang kedua Rp 300.000 lagi," ujar Isa, dikutip dari Kompas.com.

Sudah Dipastikan! Ini Daftar Bansos yang Berlanjut Cair Desember 2022 Ada BLT BBM, BSU dan BPNT?

Halaman
123
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved