Lokal Populer

Harap Festival Danau Sentarum Berjalan Lancar dan Diberikan Keselamatan

memang ada sejumlah rumah warga sempat teredam banjir, namun masyarakat tetap siap mendukung mensukseskan Festival Danau Sentarum

Istimewa
Pelaksanaan ritual ritual tolak bala, yang dilaksanakan oleh masyarakat Kecamatan Batang Lupar, sebelum pelaksanaan festival danau Sentarum, di Lanjak Kecamatan Batang Lupar, Rabu 30 November 2022. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID - Sebagai salah satu persiapan Festival Danau Sentarum (FDS), masyarakat Lanjak, Kecamatan Batang Lupar, telah menggelar ritual Tolak Bala, yang dilaksanakan oleh masyarakat setempat.

Camat Batang Lupar, Bulen menyatakan tolak bala tersebut salah satu wujud pelestarian tradisi dan meminta restu kepada para leluhur, serta meminta kepada sang pencipta alam semesta, agar Festival Danau Sentarum berjalan lancar dan diberikan keselamatan.

"Dalam ritual Tolak Bala, bergabung dengan Suku Melayu, dan Dayak Iban yang ada di Kecamatan Batang Lupar," ujarnya kepada wartawan, Rabu 30 November 2022.

Bulen menjelaskan bahwa, kearifan lokal adat istiadat serta budaya warisan nenek moyang yang masih sangat terjaga di tengah masyarakat.

Dukungan Potensi SAR Dibutuhkan Dalam Kondisi Tanggap Darurat

"Nantinya akan menjadi daya tarik tersendiri dalam pelaksanaan Festival Danau Sentarum," ucapnya.

Camat juga menjelaskan, saat ini debit air di Danau Sentarum cukup tinggi, memang ada sejumlah rumah warga sempat teredam banjir, namun masyarakat tetap siap mendukung mensukseskan Festival Danau Sentarum.

"Saya mengajak kepada masyarakat Kecamatan Batang Lupar sebagai tuan rumah kegiatan Festival Danau Sentarum, untuk memberikan yang terbaik kepada para tamu dan wisatawan yang akan memadati kawasan Danau Sentarum," ungkapnya.

Pelaksanaan Festival Danau Sentarum akan berlangsung dari tanggal 1-4 Desember 2022, di Lanjak Kecamatan Batang Lupar, dihadiri Bupati Kapuas Hulu Fransiskus Diaan, dan Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Barat, Harrison, dan tamu undangan lainnya.

Ajak Ramaikan Festival

Bupati Kapuas Hulu, Fransiskus Diaan, mengajak seluruh masyarakat Kapuas Hulu untuk meramaikan festival danau Sentarum (FDS) di Lanjak Kecamatan Batang Lupar, pada Kamis 1 Desember 2022 pukul 15.00 WIB.

"Marilah kita sama-sama mensukseskan festival danau Sentarum di Lanjak Kecamatan Batang Lupar, banyak kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan disana," ujarnya kepada wartawan, Selasa 29 November 2022.

Kurikulum Muatan Lokal Gambut dan Mangrove Dalam Pembelajaran Sekolah di Kubu Raya

Dimana jelas Fransiskus Diaan, festival danau Sentarum tahun sudah lama tidak dilaksanakan, dikarenakan kendala dari pandemi Covid-19.

"Kita bersyukur tahun 2022 bisa dilaksanakan, maka marilah kita sama-sama mensukseskan festival danau Sentarum," ungkapnya.

Kepala Dinas Pariwisata, Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Kapuas Hulu, Abang Chairul Saleh menyatakan, sejumlah persiapan sudah dilaksanakan, baik rapat tingkat kabupaten hingga kecamatan di Batang Lupar.

Dalam festival danau Sentarum kali ini jelas Chairul Saleh, pihaknya mengangkat budaya, alam, dan prodak unggulan masyarakat lokal yang disekitar danau Sentarum.

"Jadi nantinya masyarakat yang tinggal di sekitar Danau Sentarum akan menampilkan produk-produk unggulan di pameran Festival Danau Sentarum tersebut," ungkapnya.

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved