Piala Dunia 2022

Perempuan Pertama Jadi Wasit Piala Dunia, Akan Pimpin Laga Jerman vs Kosta Rika

Wasit perempuan asal Perancis tersebut pun akan mencatatkan namanya sebagai wasit wanita pertama yang memimpin laga Piala Dunia 2022 Qatar.

Penulis: Alfon Pardosi | Editor: Alfonsius Pardosi
Getty Images
Wasit perempuan asal Prancis, Stephanie Frappart 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID - Laga group E Piala Dunia 2022 Qatar antara Jerman vs Kosta Rika pada Jumat 2 Desember 2022 dini hari WIB, akan dipimpin wasit perempuan bernama Stephanie Frappart.

Wasit perempuan asal Perancis tersebut pun akan mencatatkan namanya sebagai wasit wanita pertama yang memimpin laga Piala Dunia 2022 Qatar.

Polandia Wajib Menang Untuk Singkirkan Argentina di Piala Dunia 2022 Qatar

Selain itu, Stephanie Frappart akan menjadi kali pertama dalam sejarah Piala Dunia, ketika sebuah laga timnas pria dipimpin oleh seorang wasit perempuan.

Dalam Piala Dunia 2022, FIFA memang mengambil terobosan dengan menyertakan enam perempuan dalam 129 ofisial pertandingan yang diturunkan di Qatar.

Dari keenam perempuan itu, terdapat tiga orang yang diberi tugas sebagai wasit utama, yakni Stephanie Frappart (Perancis), Salima Mukansanga (Rwanda), dan Yoshimi Yamashita (Jepang).

Ada pun tiga perempuan lainnya akan bertugas sebagai asisten wasit, yaitu Neuza Back (Brasil), Karen Diaz Medina (Meksiko), dan Kathryn Nesbitt (Amerika Serikat).

Langkah FIFA ini menorehkan sejarah untuk kali pertamanya Piala Dunia menyertakan perempuan sebagai ofisial pertandingan.

Stephanie Frappart pun mendapatkan kesempatan pertama untuk memimpin pertandingan di Piala Dunia 2022.

Dia akan menjadi wasit perempuan pertama yang memimpin laga Piala Dunia 2022. Saat menjalankan tugasnya dalam pertandingan Jerman vs Kosta Rika.

Gareth Southgate Buat Sejarah Baru Usai Bawa Inggris Menang dan Lolos 16 Besar Piala Dunia 2022

Stephanie Frappart akan didampingi dua asisten wasit perempuan, yaitu Neuza Back (Brasil) dan Karen Diaz Medina (Meksiko).

Sebelumnya, Stephanie Frappart sudah bertugas sebagai ofisial keempat dalam pertandingan Meksiko vs Polandia yang berakhir imbang tanpa gol pada Selasa 22 November 2022.

Ada pun jadwal Piala Dunia 2022 akan berlanjut pada Rabu 30 November 2022 dengan menggelar pertandingan Tunisia vs Perancis dan Australia vs Denmark di Grup D.

Sementara itu, dua laga Grup C, yakni Polandia vs Argentina dan Arab Saudi vs Meksiko, akan digelar pada Kamis 1 Desember 2022 dini hari WIB.

Sehari berikutnya, pada Jumat 2 Desember 2022 dini hari WIB, giliran Stephanie Frappart yang akan menorehkan sejarah sebagai wasit perempuan pertama yang memimpin laga Piala Dunia dalam duel Jerman vs Kosta Rika. (*)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Pertama dalam Sejarah Piala Dunia, Laga Jerman Vs Kosta Rika Dipimpin Wasit Perempuan"

Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved