Konselor HIV/AIDS RSUD Abdul Azis Singkawang Ungkap Banyak Penderita HIV/AIDS Ingin Akhiri Hidup

Menurut penuturan Neny, banyak penderita HIV/AIDS mengalami depresi, akibat dikucilkan dan tidak mendapat dukungan dari keluarga maupun orang terdekat

Penulis: Rizki Kurnia | Editor: Faiz Iqbal Maulid
Tribunpontianak/Rizki Kurnia
Konselor HIV/AIDS Klinik Mawar RSUD Abdul Aziz Singkawang, Ns. Neny Yusmaniarni saat diwawancarai wartawan, Rabu 30 November 2022. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, SINGKAWANG - Penderita penyakit HIV/AIDS membutuhkan dukungan penuh dari keluarga dan orang terdekat.

Hal itu diungkap oleh Konselor HIV/AIDS Klinik Mawar RSUD Abdul Aziz Singkawang, Neny Yusmaniarni.

Menurut Neny, banyak penderita HIV/AIDS mengalami depresi akibat dikucilkan dan tidak mendapat dukungan dari keluarga maupun orang terdekatnya.

Tidak jarang, mereka yang mengalami depresi nekat ingin mengakhiri hidupnya dengan cara bunuh diri akibat dari dampak psikologi tersebut.

"Banyak yang datang ke saya, kemudian curhat ingin bunuh diri," kata Neny Yusmaniarni kepada wartawan, Rabu 30 November 2022.

Kaji Potensi Bisnis, PKM Ekonomi Untan Pontianak Beri Pelatihan Pendampingan UMKM di Singkawang

Polres Singkawang Menggelar Acara Syukuran Dalam Rangka HUT Korpri ke-51

Oleh sebab itu, dukungan dari orang-orang terdekat sangat dibutuhkan oleh pendertia HIV/AIDS untuk memberikan semangat hidup kepada mereka.

Penderita HIV/AIDS ini, memang tidak dapat sepenuhnya sembuh, namun penderitanya tetap dapat menjalani hidup sehat karena virus HIV/AIDS itu dapat ditekan dengan pengobatan.

Bahkan, penderita HIV/AIDS ini tetap dapat melakukan hubungan seksual dengan pasangannya. Tentu dengan syarat pasangan tersebut sudah diberitahu terlebih dahulu serta menggunakan cara yang sehat seperti menggunakan pengaman.

Stigma negatif tentang HIV/AIDS ini pula, Neny katakan, harus dihentikan, agar penderitanya dapat menjalani hidup normal seperti masyarakat lainnya. 

Cek berita dan artikel mudah diakses di Google News

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved