Banjir di Sintang Surut, Warga Panen Ikan Seluang

Pasang surut air luapan sungai dimanfaatkan masyarakat untuk mencari ikan. Warga menangkap ikan dengan alat tangkap tradisional, yaitu pesat.

Penulis: Agus Pujianto | Editor: Try Juliansyah
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/Istimewa/Tatang
Banjir pasang luapan sungai kapuas dan Melawi di Sintang, Kalimantan Barat, surut. Jalan dan pemukiman yang semula terendam kini sudah kering. Aktivitas masyarakat pun berangsur normal. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID,SINTANG - Banjir pasang luapan sungai kapuas dan Melawi di Sintang, Kalimantan Barat, surut. Jalan dan pemukiman yang semula terendam kini sudah kering.

Aktivitas masyarakat pun berangsur normal.

Pasang surut air luapan sungai dimanfaatkan masyarakat untuk mencari ikan. Warga menangkap ikan dengan alat tangkap tradisional, yaitu pesat.

Pasca banjir banyak warga yang mencari ikan di perairan sungai. Baik menggunakan pancing, bubu, maupun pekat.

Anggota DPRD Sintang Geram Jembatan Sungai Emang yang Rusak Sejak 2021 Belum Diperbaiki

Kabar Gembira, Ruas Jalan Sintang - Simba Sudah Bisa Dilalui Kendaraan

"Banjir mulai surut warga sintang panen ikan. Harga ikan seluang dijual warga mulai 15 ribu hingga 50 ribu rupiah per kg sesuai ukuran ikan," kata Camat Sintang, Tatang Supriyatna, Minggu 27 November 2022.

Warga menjual ikan hasil tangkapan di depan rumah, sambil membersihkan perutnya. "Warga nangkap pakai pesat Dijual di depan rumah masing-masing sambil membersihkan perutnya," ujarnya.

Alat tangkap Pesat tak perlu umpan. Cukup masukan Pesat ke dalam air, angkat. Sekali angkat ke permukaan puluhan ekor ikan air tawar pun berhasil didapat.

Penggunaan pekat cukup mudah. Gagang bambu yang sudah dirakit sudutnya dengan jaring tinggal dimasukan ke dalam air. Tunggu beberapa menit, angkat. Ikan pun langsung dapat dan diambil menggunakan ember. Cara itu cukup diulang. Anakan ikan air tawar pun mudah didapat.

Berdasarkan monitoring Tatang, secara umum sudah surut, hanya masih ada beberapa titik jalan yang masih terendam seperti di Kapuas Kanan Hulu dan Kapuas Kanan Hilir. (*)

Cek Berita dan Artikel Mudah Diakses di Google News

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved