Kenang Jasa Pahlawan, Edi - Bahasan Ziarah ke Makam HM Suwignyo dan Atmo Umar

Banyak hal positif yang dapat dicontoh dari para pahlawan bangsa. Senada dengan tema pada Hari Pahlawan ke-77 tahun ini yaitu 'Pahlawanku Teladanku'.

TRIBUNPONTIANAK/ISTIMEWA/Dok. Prokopim Pemkot Pontianak
Wali Kota Pontianak Edi Rusdi Kamtono dan Wakil Wali Kota Pontianak Bahasan berziarah ke Makam Pahlawan, HM Suwignyo, Pontianak, Kalimantan Barat, Kamis 10 November 2022. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Bertepatan dengan peringatan Hari Pahlawan pada 10 November 2022, Wali Kota Pontianak Edi Rusdi Kamtono dan Wakil Wali Kota Pontianak Bahasan melakukan ziarah ke dua makam pahlawan yang ada di Kota Pontianak Kalimantan Barat.

Kedua makam pahlawan tersebut adalah Makam HM Suwignyo yang terletak di Jalan Kom Yos Sudarso Sungai Jawi Luar dan Makam Atmo Umar di Gang Bukit Gading Sungai Jawi Dalam.

Menurut penuturan Wakil Wali Kota Pontianak, Bahasan, ziarah ke makam pahlawan ini merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan terlebih dalam rangka memperingati Hari Pahlawan.

"Ini bentuk penghormatan bagi mereka yang gugur saat berjuang dan mengenang kembali jasa para pahlawan" ujarnya.

Banyak hal positif yang dapat dicontoh dari para pahlawan bangsa. Senada dengan tema pada Hari Pahlawan ke-77 tahun ini yaitu 'Pahlawanku Teladanku'.

Hari Pahlawan, Wako Pontianak Minta Jadikan Momentum Teladani Semangat Juang Pahlawan Bangsa

"Malalui momentum ini, kita mengajak masyarakat untuk mempelajari sejarah patriotisme pahlawan Indonesia dan diimplementasikan pada kehidupan sehari-hari," tuturnya.

Selain itu, lanjut Bahasan, terpenting juga kepada generasi muda.

"Edukasi kepqda mereka tentang nilai-nilai pahlawan juga sangat penting, karena nanti mereka yang memegang estafet pembangunan,” jelasnya.

Ziarah yang dilakukan di kedua makam kali ini dilakukan sebagai napak tilas tokoh berpengaruh di Kota Pontianak. Bahasan menilai kedua tokoh tersebut sudah berjasa dalam perlawanan kepada penjajah di Kota Pontianak.

“Jadilah pahlawan di segala kondisi dan setiap waktu sehingga bermanfaat bagi orang di sekitarnya,” ungkap Bahasan.

Ziarah ke makam para pahlawan tersebut selain mendoakan almarhum, juga bersilaturahmi dengan ahli waris pahlawan sekaligus menyerahkan bingkisan.

“Mudah-mudahan dengan berziarah ke makam para pahlawan ini, memberikan semangat bagi kita generasi penerus bangsa melanjutkan perjuangan dengan membangun Kota Pontianak,” tutupnya.

Seperti diketahui, HM Suwignyo adalah pahlawan yang saat ini sudah tiada namun namanya selalu diingat lantaran dijadikan sebagai nama jalan di Kota Pontianak. Mendiang adalah pemuda yang berasal dari Kutoharjo Jawa Tengah dan lahir tanggal 29 Oktober 1904 silam. HM Suwignyo bertemu sejumlah tokoh asal Kalimantan Barat, seperti Jeranding, Gusti Sulung Lelanang dan beberapa pejuang lainnya. Setelah itu, mereka sempat melarikan dari tempat pengasingan dan kembali berjuang di Kalbar bersama tokoh-tokoh tersebut. (*)

Cek Berita dan Artikel Mudah Diakses di Google News

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved