Kapolres Bengkayang Bayu Suseno Pimpin Upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda

jadikan momentum peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-94 ini sebagai momentum untuk meningkatkan semangat kita bersama membangun bangsa

Editor: Jamadin
Dok. Polres Bengkayang
Kapolres Bengkayang Polda Kalbar AKBP Dr. Bayu Suseno SH, SIK, MM, MH pimpin Upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-94 tahun 2022, Jumat 28 Oktober 2022. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, BENGKAYANG - Kapolres Bengkayang Polda Kalbar AKBP Dr. Bayu Suseno, SH, SIK, MM, MH pimpin Upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-94 tahun 2022, Jumat 28 Oktober 2022.

Upacara ini diikuti oleh Wakapolres Bengkayang , PJU Polres Bengkayang, Kapolsek dan seluruh personel Polres Bengkayang yang di gelar di lapangan Apel Mapolres Bengkayang.

Dalam amanatnya, Kapolres membacakan amanat dari Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia yang mengatakan bahwa Sumpah Pemuda 20 Oktober 1928 memberikan pelajaran bagaimana menyikapi perbedaan sikap primordial, suku, agama, ras dan kultur serta berbagai kepentingan menjadi kekuatan buka sebagai faktor yang melemahkan.

Peringatan Hari Sumpah Pemuda, Sutarmidji Harap Pemuda Siapkan Diri Jadi Generasi Emas Indonesia

“Sejarah telah menjelaskan bahwa, pilihan Pemuda waktu itu telah menjadi tonggak kuat menuju kemerdekaan. Peran pemuda dalam mempelopori membangun misi kebangsaan dengan Sumpah Pemuda 1928 yang diikuti dengan rangkaian pergerakan-pergerakannya telah mengantarkan kepada Proklamasi Kemerdekaan Indonesia yang telah tercatat dengan tinta emas sepanjang masa”, kata Kapolres Bengkayang.

Peringatan Hari Sumpah Pemuda ini selalu memiliki arti penting karena ancaman-ancaman terhadap kesatuan Indonesia selalu ada bersama dengan cita-cita mewujudkan kejayaan Indonesia.

“Tema peringatan Hari Sumpah Pemuda adalah Bersatu Bangun Bangsa. Tema ini memberikan pesan mendalam bahwa bersatu padu adalah harga mati yang harus dikuatkan untuk membangun ketangguhan. Tema ini menjadi pengejawantahan nilai agung Sumpah Pemuda dalam konteks kekinian dan yang akan datang”, tutur Kapolres Bayu Suseso.

Melihat kondisi pemuda saat ini, Kapolres menerangkann terdapat optimisme yang penuh harapan, disamping masih terdapat beberapa tantangan yang tidak ringan.

“Kita patut bersyukur melihat Pemuda Indonesia telah menunjukan banyak capaian prestasi diberbagai bidang yang membanggakan, baik level nasional maupun internasional. Hal ini menjadi modal untuk membangun keunggulan Indonesia dimasa yang akan datang”, terangnya.

“Namun kita juga khawatir bahwa Pemuda Indonesia masih menghadapi ancaman pengangguran dan keterpurukan dalam tindakan destruktif yang tidak menguntungkan”, tambahnya.

Kapolres berharap dalam di moment Hari Sumpah Pemuda pemuda dapat mempemberdayaan dan pengambangan diri menjadi kreatif, inovatif, kolaboratif dan mandiri serta berkarakter mulia perlu dikembangkan agar pemuda dapat menghadapi situasi yang tidak menguntungkan dan mampu mencapai prestasi tinggi.

“Marilah kita jadikan momentum peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-94 ini sebagai momentum untuk meningkatkan semangat kita bersama membangun bangsa”, tutup Kapolres.

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved