Lokal Populer

Sosialisasi dan Koordinasi Penguatan Vaksinasi Perjalanan Internasional

memastikan pelaku perjalanan internasional selamat dan dalam kondisi sehat saat pergi maupun pulang kembali ke tanah air

Tribunpontianak/Muhammad Luthfi
Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas II Pontianak menggelar Sosialisasi dan Koordinasi Penguatan Vaksinasi Perjalanan Internasional di Gedung Diklat Depen Bank Kalbar, Jalan Untung Surapati Kota Pontianak, Rabu, 26 Oktober 2022 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID - Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas II Pontianak gelar Sosialisasi dan Koordinasi Penguatan Vaksinasi Perjalanan Internasional di Gedung Diklat Depen Bank Kalbar, Jalan Untung Surapati Kota Pontianak, pada Rabu 26 Oktober 2022.

Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas II Pontianak Rahmat Subakti mengatakan, kegiatan ini terselenggara atas dukungan Komisi IX DPR RI. Karena satu diantara tugasnya terkait dengan pelayanan kesehatan. 

"Kita sinergikan dengan Komisi IX DPR RI. Dari Kalbar kita Alhamdulillah ada Pak Alifudin. Dalam kegiatan ini kita harapkan agar masyarakat mengetahui alasan mengapa harus ke KKP," katanya, Rabu 26 Oktober 2022.

"Jadi nantinya, wakil rakyat tahu kalau KKP ada dan dikenal serta pelayanannya diketahui masyarakat," timpalnya.

Wujudkan Generasi Berkualitas Dengan Gerakan Nasional Aksi Bergizi di Kayong Utara

Rahmat juga menjelaskan keberadaan KKP serta tugas yang menjadi kewenangan KKP, khususnya memastikan pelaku perjalanan internasional selamat dan dalam kondisi sehat saat pergi maupun pulang kembali ke tanah air. 

"Kita ingin memastikan jika orang itu terbang sampai landing dalam keadaan baik-baik saja. Ini kewajiban kita melindungi masyarakat Indonesia. Tidak ada gangguan, apakah pernafasan dan lainnya. Kita harapkan semua bisa berangkat misalnya umrah haji, bisa kembali pulang dengan selamat," ujar Rahmat.

KKP Kelas II Pontianak lanjut Rahmat, juga terbuka untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat. Komitmen itu dilakukan dengan adanya pelayanan online dan memanfaatkan media sosial yang ada.  

"Setiap pengaduan masyarakat tidak harus datang ke KKP, karena kita sudah ada website pengaduan, pertanyaan dan konsultasi. Di media sosial juga ada. Mudah-mudahan kita bisa memberikan pelayanan optimal. Karena itu kita adakan kegiatan ini,” terangnya.

“Kita ada di batas udara, batas laut dan batas darat. Semua untuk memfasilitasi pelaku perjalanan agar terfasilitasi keperluan perjalanannya," jelas Rahmat. 

Sementara itu, dr. Andi Pasaribu Koordinator Substansi Upaya Kesehatan dsn Lintas Wilayah (UKLW) KKP Kelas II Pontianak menyebut, jika KKP Kelas II Pontianak memiliki kepentingan untuk mensosialisasikan kepada masyarakat, agar memiliki sertifikat vaksin meningitis sebelum bepergian ke luar negeri. 

"Penting sekali bapak ibu untuk mengetahui syarat vaksinasi meningitis jika ingin melakukan perjalanan internasional.  Misalnya untuk ibadah haji dan umrah," ujarnya.  

"Bisa mendaftar secara online terlebih dahulu. Prosesnya cuma 15 menit bisa selesai semua. Karena itu, dokumen yang diperlukan harus disiapkan lebih awal," timpal Andi. 

Andi Pasaribu juga menjelaskan, jika KKP Kelas II Pontianak telah memberikan legalitas pada sejumlah rumah sakit dan klinik, agar bisa melayani masyarakat di seluruh Kalbar mendapatkan vaksinasi meningitis

"Ada juga beberapa klinik dan rumah sakit di Kalbar yang bisa menerbitkan sertifikat vaksinasi meningitis. KKP Kelas II Pontianak memantau secara berkala klinik dan rumah sakit tersebut sehingga tetap memberikan pelayanan terbaik," ungkapnya.

Halaman
123
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved