Khazanah Islam

Doa setelah Sholat Dhuha yang Shahih Sesuai Sunnah Rasulullah Nabi Muhammad SAW

Sholat Dhuha adalah satu di antara sunnah yang dianjurkan dikerjakan oleh setiap Muslim . Tak hanya sekali, namun dianjurkan rutin setiap pagi .

Penulis: Ishak | Editor: Ishak
ASIF HASSAN / AFP
Berikut bacaan yang Shahih sesuai Sunnah Rasulullah SAW untuk lafaz Doa setelah sholat Dhuha dalam ulasan Khazanah Islam Tribun Pontianak Sabtu 15 Oktober 2022 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID - Sholat Dhuha adalah satu di antara sunnah yang dianjurkan dikerjakan oleh setiap Muslim .

Tak hanya sekali, namun dianjurkan rutin setiap pagi dalam sehari-harinya.

Dalil terkait anjuran Sholat Dhuha satu di antaranya dapat dilihat dari Hadist Rasulullah Nabi Muhammad SAW .

Satu di antarannya yakni:

Doa Pereda Hujan , Lafaz Ini Pernah Diamalkan Rasulullah SAW

Abu Dzar radhiallahu ‘anhu, Rasulullah Nabi Muhammad SAW bersabda:

"Tiap pagi ada kewajiban sedekah bagi tiap ruas tulang kalian, Setiap tasbih adalah sedekah, Setiap tahmid adalah sedekah, Setiap takbir adalah sedekah, memerintahkan untuk melakukan kebaikan adalah sedekah, melarang dari kemungkaran adalah sedekah, dan semua itu dapat tercukupi dengan melakukan dua rakaat shalat dhuha.” (HR. Muslim)

Nah, setelah Sholat Dhuha , lalu apa bacaan Doa yang dianjurkan dibaca?

Doa Tidak Bisa Tidur , Baca Ini atasi Insomnia dan Rasa Cemas Sulit Terlelap Malam Hari

Doa Setelah Sholat Dhuha yang populer di antaranya yakni :

اَللهُمَّ اِنَّ الضُّحَآءَ ضُحَاءُكَ، وَالْبَهَاءَ بَهَاءُكَ، وَالْجَمَالَ جَمَالُكَ، وَالْقُوَّةَ قُوَّتُكَ، وَالْقُدْرَةَ قُدْرَتُكَ، وَالْعِصْمَةَ عِصْمَتُكَ. اَللهُمَّ اِنْ كَانَ رِزْقَى فِى السَّمَآءِ فَأَنْزِلْهُ وَاِنْ كَانَ فِى اْلاَرْضِ فَأَخْرِجْهُ وَاِنْ كَانَ مُعَسَّرًا فَيَسِّرْهُ وَاِنْ كَانَ حَرَامًا فَطَهِّرْهُ وَاِنْ كَانَ بَعِيْدًا فَقَرِّبْهُ بِحَقِّ ضُحَاءِكَ وَبَهَاءِكَ وَجَمَالِكَ وَقُوَّتِكَ وَقُدْرَتِكَ آتِنِىْ مَآاَتَيْتَ عِبَادَكَ الصَّالِحِيْنَ

Latin:

“Allahumma innad dhuha-a dhuha-uka, wal baha-a baha-uka, wal jamala jamaluka, wal quwwata quwwatuka, wal qudrota qudrotuka, wal ‘ismata ‘ismatuka. Allahumma in kana rizqi fis sama-i fa-anzilhu, wa in kana fil ardhi fa akhrijhu, wa in kana mu’assaron fa yassirhu, wa in kana haroman fathohhirhu, wa in kana ba’idan faqorribhu, bihaqqi dhuha-ika, wa baha-ika, wa jamalika, wa quwwatika, wa qudrotika, aatini ma atayta ‘ibadakas sholihin”.

Doa Nabi Yunus Saat di Perut Ikan, Amalan Harian yang Punya Keutamaan Membuka Pertolongan Tuhan

Artinya:

“Ya Allah, bahwasannya waktu Dhuha itu adalah waktu Dhuha-Mu, dan keagungan itu adalah keagungan-Mu, dan keindahan itu adalah keindahan-Mu, dan kekuatan itu adalah kekuatan-Mu, dan perlindungan itu adalah perlindungan-Mu. Ya Allah, jika rezekiku masih di atas langit, maka turunkanlah, jika masih di dalam bumi, maka keluarkanlah, jika masih sukar, maka mudahkanlah, jika (ternyata) haram, maka sucikanlah, jika masih jauh, maka dekatkanlah. Berkat waktu dhuha, keagungan-Mu, keindahan-Mu, kekuatan-Mu dan kekuasaan-Mu, limpahkanlah kepada kami segala yang telah Engkau limpahkan kepada hamba-hamba-MU yang sholeh”.

Namun, ada bacaan Doa Setelah Sholat Dhuha yang juga Shahih .

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved