400 Orang di Desa Pasir Mempawah Terima Bantuan Pembuatan Kartu BPJS Ketenagakerjaan

"Misalkan ada warga yang kecelakaan kerja, maka akan dapat asuransi dari BPJS Ketenagakerjaan. Jadi sangat banyak manfaatnya," terangnya lagi.

Penulis: Ramadhan | Editor: Try Juliansyah
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/Ramadhan
Kepala Dusun Sebukit Rama Desa Pasir, Muhammad Ali, menunjukkan kartu BPJS Ketenagakerjaan seusai mendapat bantuan dari Desa Pasir, Kamis 6 Oktober 2022. (Dok. Tribun Pontianak/Ramadhan) 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, MEMPAWAH - Kepala Desa Pasir, Kecamatan Mempawah Hilir, Kabupaten Mempawah, Abdul Hamid, menyerahkan secara simbolis Kartu BPJS Ketenagakerjaan kepada perangkat Desa, Dusun, RT dan juga warga Desa Pasir yang pekerja rentan.

Kegiatan tersebut dilaksanakan di Kantor Desa Pasir, Kecamatan Mempawah Hilir, Kamis 6 Oktober 2022.

Abdul Hamid menjelaskan, bantuan kartu BPJS Ketenagakerjaan yang diberikan kepada 400 orang warga Desa Pasir.

"Hari ini ada 400 orang yang menerima bantuan kartu BPJS Ketenagakerjaan, terdiri dari perangkat desa, para kepala Dusun, dan juga pekerja yang rawan seperti nelayan, petani, kuli bangunan, dan lain sebagainya. Jadi semua kami upayakan untuk didaftarkan di BPJS Ketenagakerjaan, agar aman saat bekerja," terangnya.

Kepala Kemenag Mempawah Apresiasi 45 Siswa Madrasah Berprestasi

Dirinya juga menyampaikan, terkait BPJS Ketenagakerjaan, dirinya telah menginstruksikan kepada para Kepala Dusun untuk turut mensosialisasikan mengenai BPJS Ketenagakerjaan.

"Karena masyarakat masih kurang memahami apa manfaat dari BPJS Ketenagakerjaan. Masyarakat hanya taunya BPJS Kesehatan saja, padahal banyak manfaat dari BPJS Ketenagakerjaan," terangnya.

"Misalkan ada warga yang kecelakaan kerja, maka akan dapat asuransi dari BPJS Ketenagakerjaan. Jadi sangat banyak manfaatnya," terangnya lagi.

Ditempat yang sama Sekdes Pasir, Muhammad Amin, turut menambahkan, terkait syarat untuk pembuatan BPJS Ketenagakerjaan hanya KTP dan nomor HP, namun kebijakan semua ada di Kepala Desa untuk membuatkan BPJS Ketenagakerjaan bagi RT/RW, Kadus, dan para pekerja rentan di Desa Pasir.

"Jadi yang mendaftar tidak bisa semua di akomodir, kita hanya mendapatkan kuota 400 orang saja, dan semua kebijakan diambil oleh Kades kita. Tetapi mudah-mudahan kedepan Kades kita bisa melanjutkan untuk membuatkan yang lainnya," terangnya.

Sementara itu, salah satu warga yang menerima bantuan Kartu BPJS Ketenagakerjaan, Muhammad Ali, sangat mengapresiasi kinerja Kades dalam memperhatikan perangkat desa dan para pekerja rentan di Desa Pasir dengan membuatkan BPJS Ketenagakerjaan.

"Menurut saya sangatlah penting adanya BPJS Ketenagakerjaan ini, lebih-lebih untuk Kepala Dusun yang tugasnya untuk membantu Desa dalam mensukseskan program-programnya. Karena BPJS Ketenagakerjaan ini juga memberikan rasa aman dan nyaman bagi kami pekerja yang kita tidak tahu apakah di dalam bekerja ada terjadi musibah kecelakaan kerja," ungkap Muhammad Ali yang juga merupakan Kepala Dusun Sebukit Rama Desa Pasir.

Dirinya juga sangat bersyukur, dengan telah disalurkannya BPJS Ketenagakerjaan untuk perangkat Desa dan para pekerja rentan yang ada di Desa Pasir.

"Alhamdulillah juga hari ini untuk Dusun Sebukit Rama sendiri ada sekitar 120an yang mendapatkan bantuan pembuatan kartu BPJS Ketenagakerjaan. Ada dari unsur petani, RT/RW, dan Kepala Dusun," ungkapnya. (*)

Cek Berita dan Artikel Mudah Diakses di Google News

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved