Hari Ketiga Operasi Zebra Kapuas di Mempawah, Pelanggaran Didominasi Pengendara Tak Gunakan Helm

Imbauannya tetap, taati peraturan dan rambu lalulintas, disiplin, serta sopan santun saat berkendara, saling menghargai antar sesama pengguna jalan

Penulis: Ramadhan | Editor: Try Juliansyah
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/Ramadhan
Satlantas Polres Mempawah bersama Dishub-LH menggelar operasi Zebra Kapuas Tahun 2022 di sekitar Taman Aulia Rubini, Jalan GM Taufik, Kecamatan Mempawah Hilir, Kabupaten Mempawah, Kalimantan Barat, Rabu 5 Oktober 2022. (Dok. Tribun Pontianak/Ramadhan) 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, MEMPAWAH - Satlantas Polres Mempawah terus menggencarkan Operasi Zebra Kapuas Tahun 2022 hingga hari ketiga pada hari ini, Rabu 5 Oktober 2022.

Operasi Zebra Kapuas Tahun 2022 ini dilaksanakan sejak 3 Oktober hingga nantinya 16 Oktober 2022.

Dihari ketiga ini Satlantas Polres Mempawah bersama tim gabungan dari Dinas Perhubungan dan Lingkungan Hidup (Dishub-LH) Kabupaten Mempawah menggelar operasi di sekitar Taman Aulia Rubini, Jalan GM Taufik, Kecamatan Mempawah Hilir, Kabupaten Mempawah, Kalimantan Barat.

Terlihat kendaraan-kendaraan yang melintas baik roda dua, roda empat dan mobil-mobil tangki/kontainer turut diberhentikan dan kepada para pengendara yang melanggar peraturan berlalulintas diberikan teguran dengan sangat humanis oleh petugas.

Baca juga: Wabup Muhammad Pagi Turut Berikan Doa Belasungkawa Atas Tragedi di Stadion Kanjuruhan Malang

Kasat Lantas Polres Mempawah, AKP Gatot Poerwarno, saat ditemui di lokasi Operasi Zebra, mengtakan, memasuki hari ketiga Operasi Zebra masih dalam situasi yang lancar.

"Alhamdulillah, hari ini merupakan hari ketiga Ops Zebra Kapuas Tahun 2022, dan masih kita laksanakan dalam keadaan yang lancar," katanya kepada awak media.

AKP Gatot menekankan, Operasi Zebra Kapuas yang dilaksanakan lebih diutamakan mengedukasi kepada pengguna jalan agar tertib berlalulintas.

"Operasi yang kita laksanakan memang lebih mengutamakan dan mengedepankan edukasi serta pemahaman kepada para pengguna jalan agar lebih tertib dan menghindari pelanggaran berlalulintas," katanya.

Selama tiga hari pelaksanaan Operasi Zebra, Kasat Lantas menjelaskan pelanggaran lalulintas banyak didominasi oleh pengendara roda dua yang kedapatan tidak menggunakan helm.

"Kalau untuk pelanggaran memang saat ini didominasi oleh pengendara sepeda motor, baik itu tidak menggunakan helm, tidak ada kaca spion, dan perlengkapan kendaraan tidak lengkap. Selain itu juga banyak kendaraan roda empat dan diatasnya yang turut kita berikan teguran dan edukasi," terangnya.

AKP Gatot menjelaskan, dengan adanya Operasi Zebra ini diharapkan dapat menekan angka kecelakaan di Kabupaten Mempawah.

"Untuk saat ini di wilayah Kabupaten Mempawah yang menjadi titik rawan kecelakaan ialah di wilayah Wajok, dan Sungai Pinyuh. Maka dari itu kita juga sudah mentargetkan untuk menggelar operasi disana sembari memberikan edukasi terkait berlalulintas yang baik," ungkapnya.

Kasat Lantas juga mengimbau kepada seluruh pengguna jalan baik pengendara maupun pengemudi untuk tetap tertib berlalulintas, sebagai langkah mencegah terjadinya kecelakaan lalulintas.

"Imbauannya tetap, taati peraturan dan rambu lalulintas, disiplin, serta sopan santun saat berkendara, saling menghargai antar sesama pengguna jalan," katanya.

"Sama seperti Tema kita kali ini yakni untuk mewujudkan dan memelihara keamanan, keselamatan dan kelancaran serta ketertiban berlalu lintas (kamseltibcar lantas)," pungkasnya. (*)

Cek Berita dan Artikel Mudah Diakses di Google News

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved