Pola Hidup Sehat

Inilah Perbedaan Mendasar Asam Lambung Kronis dan Penyakit Maag

Perbedaan maag dan asam lambung bisa dikenali dari pengertian, ciri-ciri saat kambuh, penyebab, dan komplikasinya.

Kolase Tribunpontianak.co.id / sid / tribunnews.com
Pete jadi obat asam lambung atau gerd serta maag paling ampuh dan juga penyakit laiannya 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID- Perlu diketahui, Asam Lambung dan Maag adalah kedua penyakit yang berbeda.

Banyak orang tidak bisa membedakan penyakit maag dan asam lambung kronis.

Memang, maag dan asam lambung kronis atau GERD sama-sama ditandai dengan peradangan di saluran pencernaan.

Namun, keduanya memiliki perbedaan yang mendasar. Simak penjelasan berikut untuk mengetahui perbedaan maag dan asam lambung kronis.

Cara Mengobati GERD dan Asam Lambung dengan Air Jeruk Nipis

Perbedaan maag dan asam lambung kronis

Perbedaan maag dan asam lambung bisa dikenali dari pengertian, ciri-ciri saat kambuh, penyebab, dan komplikasinya. Berikut bedanya:

Pengertian maag dan asam lambung kronis

Dilansir dari GI Associates, maag adalah penyakit peradangan pada lapisan lambung. Sedangkan asam lambung kronis adalah penyakit yang menyebabkan cairan asam dari lambung naik ke kerongkongan.

Penyebab maag dan asam lambung kronis

Dilansir dari Geriatric Academy, penyebab maag karena rusak atau melemahnya lapisan pelindung lambung. Faktor pencetusnya bisa berasal dari infeksi, efek samping obat tertentu, sampai pola makan tidak sehat.

Sedangkan penyebab asam lambung kronis berasal dari melemah atau rusaknya otot klep pengontrol asam lambung di saluran pencernaan. Faktor pencetusnya bisa karena obesitas, merokok, perubahan hormon selama hamil, sampai penyakit hernia.

Kandungan Nutrisi Pada Petai Mampu Hilangkan Penyakit Asam Lambung dan 3 Penyakit Ini

Ciri-ciri maag dan asam lambung kronis

Bedanya asam lambung dan maag dari sisi gejala juga sedikit berbeda. Ciri-ciri maag kambuh bisa berupa sakit perut, mual dan muntah, perut terasa kembung dan begah, dan tidak selera makan.

Sedangkan ciri-ciri asam lambung kronis di antaranya sakit perut terutama di bagian ulu hati, dada terasa panas seperti terbakar, cairan asam terasa di mulut, suara serak, sering batuk kering, ada rasa mengganjal di tenggorokan.

Komplikasi maag dan asam lambung kronis

Jika tidak diobati dengan tepat, komplikasi maag bisa menyebabkan pengikisan lapisan lambung, penyakit tukak lambung, pendarahan lambung, anemia, dan meningkatkan risiko kanker lambung.

Sedangkan komplikasi asam lambung kronis yang tidak diobati bisa menyebabkan peradangan parah pada saluran pencernaan, gangguan pernapasan, serta meningkatkan risiko kanker.

Setelah menyimak perbedaan maag dan asam lambung kronis di atas, jangan sampai salah kaprah dengan kedua gangguan pencernaan ini. (*)

Cek Berita dan Artikel Mudah Diakses di Google News

Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved