Kasdam Djauhari: Generasi Muda Wajib Jaga Pancasila sebagai Falsafah NKRI 

jangan hanya sekedar untuk mengenang para Pahlawan Revolusi serta melestarikan Pancasila, akan tetapi  "Bangkit Bergerak Bersama Pancasila" sesuai

Penulis: Hadi Sudirmansyah | Editor: Hamdan Darsani
TRIBUNPONTIANAK/ISTIMEWA
Kasdam XII Tanjungpura Brigjen TNI Djauhari saat pimpin upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila pada Sabtu 1 Oktober 2022 di Lapangan Tidayu Makodam XII TPR. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, KUBU RAYA -  Untuk  memaknai dalam peringatan  kesaktian Pancasila ditahun 2022,  Kepala Staf Kodam XII Tanjungpura Brigjen TNI Djauhari berharap prajurit Kodam XII TPR dan jajaran dapat merefleksikan tentang pemaknaan nilai-nilai dan kesaktian Pancasila

Menurutnya, jangan hanya sekedar untuk mengenang para Pahlawan Revolusi serta melestarikan Pancasila, akan tetapi  "Bangkit Bergerak Bersama Pancasila" sesuai tema Peringatan Hari Kesaktian Pancasila" di tahun 2022.

Arahan dari Kasdam XII TPR Brigjen TNI Djauhari ini disaat dirinya memimpin upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila di Lapangan Tidayu, Makodam XII/Tpr yang diikuti dengan khidmat dan tertib oleh para Prajurit dan Pegawai Negeri Sipil se-garnizun Pontianak. 

Sintel TNI AD Gelar Bimtek Produk Min Intel ke Anggota Intelijen Kodam XII/Tpr 

Kasdam XII TPR Brigjen TNI Djauhari  menuturkan upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila ini sebagai wujud untuk mengenang kembali adanya tragedi nasional yang populer dengan sebutan G30S/PKI pada tahun 1965, dimana pada tanggal 30 September 1965 terjadi kudeta oleh PKI yang ingin mengubah Ideologi Pancasila menjadi Ideologi Komunis.

"Namun karena ampuh dan saktinya Pancasila, yang terpatri kokoh sebagai pemahaman dan keyakinan dalam diri setiap anak bangsa, maka upaya merubah ideologi tersebut pun gagal."kata Djauhari.

Lanjutnya, Peringatan Hari Kesaktian Pancasila setiap tanggal 1 Oktober ini, harus dijadikan sebagai kesempatan untuk merefleksikan tentang pemaknaan nilai-nilai dan kesaktian Pancasila itu sendiri. 

Namun dalam kesempatan yang sama, Kasdam XII TPR juga berpesan yang menurutnya hal ini penting khususnya para generasi muda Indonesia, karens Generasi baru tidak akan memiliki rasa percaya diri dan kebanggaan atas bangsa ini tanpa mengenali sesungguhnya sejarah bangsanya.

"Sebagai Prajurit dan PNS Kodam XII/Tpr yang juga sebagai generasi penerus bangsa harus melaksanakan tugas pokok mengawal Pancasila," Kata Kasdam Djauhari.

Lanjutnya, Sebagai generasi muda kita semuanya memiliki kewajiban untuk senantiasa menjaga kokohnya Pancasila sebagai Falsafah Bangsa dan Negara kesatuan Republik Indonesia, dari rongrongan kelompok-kelompok tertentu yang ingin merubahnya. (*)

Cek Berita dan Artikel Mudah Diakses di Google News

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved