Pola Hidup Sehat

Tata Cara Merawat Kulit Gelap dan Belang Karena Sinar Matahari, Berikut Tipsnya

mengombinasikan serum vitamin C dengan sunscreen karena keduanya mampu menangkal radikal bebas yang dipancarkan matahari.

Net
sunscreen ini juga mampu mencerahkan dan menyamarkan noda hitam atau flek bekas jerawat tanpa menimbulkan rasa lengket. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID- Kulit wajah merupakan tahta yang sangat dijaga oleh kaum hawa dan pria.

Namun, seringnya aktivitas yang dilakukan keluar rumah bisa membuat kulit wajah lebih gelap, buka?

Kulit yang tidak tertutup oleh pakaian atau sepatu dapat terlihat lebih gelap usai terpapar sinar matahari secara terus-menerus.

Bagi pengguna hijab, kulit wajah yang bisa menjadi lebih gelap daripada leher sehingga terlihat seperti memakai topeng.

Meski bukan masalah kesehatan serius, kulit wajah yang tidak merata bisa menjadi masalah besar bagi kaum hawa. Banyak kaum hawa yang tidak pede ketika ingin menggunakan hijab atau baju dengan model yang berbeda.

Bercak Kulit Gelap di Lipatan Jadi Tanda Diabetes Tipe 2, Waspada 9 Gejala Lainnya

Sulitnya, meratakan warna kulit juga tidak bisa dilakukan dengan instan. Dikutip dari Medical News Today, kulit yang menggelap akibat terbakar sinar matahari memerlukan waktu setidaknya tujuh minggu atau lebih untuk dapat terlihat kembali cerah.

Akan tetapi, kondisi ini tidak berlaku ketika seseorang terus menerus terpapar sinar matahari. Jika terus-menerus terpapar sinar matahari, penumpukan melanin akan semakin banyak sehingga kulit akan sulit kembali cerah.

Sebagai informasi, melanin merupakan pigmen berwarna cokelat tua yang diproduksi tubuh ketika terluka atau terpapar sinar matahari. Penumpukan melanin akan mengubah warna pigmen warna asli kulit menjadi lebih gelap dan kusam .

Oleh sebab itu, ada baiknya melakukan tindakan pencegahan agar tidak terpapar matahari langsung. Berikut tipsnya.

2 Urutan Pemakaian Skincare Pagi dan Malam yang Tak Boleh Salah, Lebih Cepat Meresap di Kulit

1. Hindari waktu kritis

Mengetahui waktu yang tepat untuk bepergian merupakan salah satu cara mencegah kulit menjadi belang. Dikutip dari Healthline, waktu keluar rumah yang disarankan adalah sebelum jam 11.00 dan setelah jam 16.00.

Jam 11.00 hingga sebelum jam 16.00 adalah fase matahari memancarkan sinar ultraviolet (UV) dalam jumlah tinggi, yakni antara level tujuh hingga sepuluh. Semakin tinggi sinar UV, semakin banyak juga produksi melanin dalam tubuh.

Sementara pada jam 16.00, sinar UV cenderung tidak terlalu tinggi, yakni berada di level tiga dan dua sehingga paparannya tidak terlalu merusak kulit. Jika terpaksa harus bepergian di siang hari, pastikan untuk tidak terlalu lama berada di tempat terbuka.

Manfaat Kulit Jeruk Mampu Atasi Tangan dan Kaki Belang Secara Alami

2. Gunakan payung atau topi

Halaman
123
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved