Lokal Populer

Festival Danau Sentarum Tampilkan Kearifan Lokal Potensi Alam dan Budaya Kapuas Hulu

Ciri Khas dari Festival Danau Sentarum jangan sampai hilang yaitu menampilkan kearifan lokal potensi alam dan budaya Kapuas Hulu

TRIBUNPONTIANAK/SAHIRUL HAKIM
Wakil Bupati Kapuas Hulu Wahyudi Hidayat saat memimpin rapat kesiapan festival danau Sentarum, di Ruangan Kerja Bupati Kapuas Hulu, Kamis 29 September 2022. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID - Wakil Bupati Kabupaten Kapuas Hulu, Wahyudi Hidayat, telah pimpin rapat pembahasaan persiapan kegiatan Festival Danau Sentarum tahun 2022, di ruang Rapat Bupati, Kamis 29 September 2022.

Wabup menyatakan, festival danau Sentarum akan dilaksanakan di Kecamatan Batang Lupar, mulai dari tanggal 22 hingga 26 November 2022. "Mudah-mudahan berjalan dengan lancar dan sukses," ujarnya.

Adapun rencana event dalam festival danau Sentarum seperti, Parade Perahu Tradisonal, Upacara Tolak Bala, Lomba Perahu Bidar, Expo Pameran Danau Sentarum, Ethnic Musik Sape, Pergelaran Seni Hiburan Rakyat, Olahraga Tradisional, Bersepeda di Jantung Borneo, lomba masakan khas tradisional khas di Kabupaten Kapuas Hulu dan Festival Minum Madu dan lainnya.

"Saya berharap, agar Ciri Khas dari Festival Danau Sentarum jangan sampai hilang yaitu menampilkan kearifan lokal potensi alam dan budaya Kapuas Hulu, dengan tujuan bisa memberikan manfaat positif kepada masyarakat," ucapnya.

Pemda Kapuas Hulu Susun Produk Hukum Daerah

Dengan ini Wabup mengajak seluruh masyarakat Kapuas Hulu, agar mendukung dan berkolaborasi untuk sama-sama mensukseskan selama pelaksanaan festival danau Sentarum di Batang Lupar Kapuas Hulu.

"Pemerintah daerah tak mampu bekerja sendiri, tanpa bantuan semua pihak dan termasuk masyarakat itu sendiri, terutama masyarakat Kecamatan Batang Lupar, bagaimana pelaksanaan festival danau Sentarum berjalan lancar dan sukses," ungkapnya. 

Dampak Besar

Kepala Bidang Pariwisata, Dinas Pariwisata, Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Kapuas Hulu, Ismunadi menyatakan, Festival Danau Sentarum 2022 akan dilaksanakan pada tanggal 22-26 November 2022.

8 Bulan 2022 Penyaluran APBN di Kapuas Hulu Baru Rp 341,68 Miliar

"Kegiatan akan berlangsung di Lanjak Kecamatan Batang Lupar, Kabupaten Kapuas Hulu, Provinsi Kalimantan Barat, dan kegiatan selama 5 hari, serta berbagai kegiatan yang akan dilaksanakan," ujarnya kepada Tribun Pontianak, Senin 26 September 2022.

Kegiatan yang akan dilaksanakan selama Festival Danau Sentarum diantaranya adalah, karnaval budaya, Sentarum Etnik Musik, dan lomba cipta kreasi tarian daerah. "Pastinya banyak lagi kegiatan tambahan-tambahan lainnya," ucapnya.

Ismunadi juga menjelaskan, sedangkan untuk persiapan terus dilakukan dan belum lama ini pihaknya bersama Bupati dan Sekda telah menghadap langsung ke Kementerian Pariwisata di Jakarta, terkait Festival Danau Sentarum tersebut.

"Dukungan semua pihak sangat diperlukan, termasuk dari masyarakat itu sendiri, untuk sama-sama mensukseskan pelaksanaan Festival Danau Sentarum nantinya di Kabupaten Kapuas Hulu," ungkapnya.

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved