KMKS Gelar Latihan Menulis, Mahasiswa Perbatasan di Sambas Suarakan Potensi Daerah Melalui Tulisan

Banyak sekali potensi yang ada di suatu daerah sebagai contoh di Kabupaten Sambas banyak sekali tempat wisata, pantai, air terjun, mangrove

Penulis: Imam Maksum | Editor: Try Juliansyah
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/Istimewa/Dok KMKS
Mahasiswa Kabupaten Sambas berfoto bersama usai melaksanakan pelatihan menulis dengan Jurnalis Antara Biro Kalbar, di Rumah Juang KMKS, Kamis 29 September 2022. Istimewa/Dok KMKS 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, SAMBAS - Komite Mahasiswa Kabupaten Sambas (KMKS) menggelar pelatihan menulis bertajuk Menarasikan Gagasan Untuk Perubahan di Rumah Juang KMKS, Kamis 29 September 2022.

"Menulis merupakan sebuah karya untuk menggagas suatu ide dan inovasi, dengan menulis kita dapat menyuarakan potensi yang ada di suatu daerah khususnya di desa," ucap Ketua Umum KMKS, Muhammad Rifa'ie, Kamis 29 September 2022.

Rifa'ie menambahkan kegiatan pelatihan menulis yang pihaknya berikan kepada mahasiswa Kabupaten Sambas merupakan bentuk pembelajaran agar mahasiswa Kabupaten Sambas dapat menuangkan suatu ide dan gagasan untuk kemajuan daerah terkhusus kemajuan desanya masing-masing.

Dia menilai, jamak potensi daerah di Kabupaten Sambas diantaranya potensi alam yang perlu diperhatikan.

Baca juga: Bupati Satono Sebut MTQ Kecamatan Momentum Mensyiarkan Gairah Keislaman

"Banyak sekali potensi yang ada di suatu daerah sebagai contoh di Kabupaten Sambas banyak sekali tempat wisata, pantai, air terjun, mangrove dan lainnya," jelasnya.

Dia menerangkan, potensi itu dapat menjadi perhatian bersama sebagai mahasiswa untuk menggaungkan potensi yang ada. Apalagi sekarang sudah zaman industri 4.0 dimana informasi apapun dapat diambil dan dilihat di dunia maya ataupun sosial media.

Sementara itu Kepala Departemen Humas KMKS Dimas Yosa Ananda, sekaligus sebagai kordinator pelatihan menulis menyampaikan kegiatan pelatihan menulis menghadirkan Pewarta Antara Kalbar.

"Kami menghadirkan Jurnalis dari Antara Kalbar yaitu Dedi A Khansa juga sebagai Alumni dari KMKS," jelas Dimas Yosa Ananda.

Dimas menambahkan, kegiatan ini juga akan berkelanjutan sampai mahasiswa ataupun peserta yang hadir dapat dengan mahir menulis. Dia menilai, pelatihan menulis sangat bermanfaat bagi setiap mahasiswa.

"Dimana setiap mahasiswa akan di hadapkan dengan sebuah tugas makalah, artikel, essai, maupun skripsi sebagai tugas akhir. Dengan pelatihan menulis yang dilaksanakan oleh KMKS menjadi bekal mahasiswa untuk menghadapi itu semua," ucapnya.

Jadi, imbuh dia, bukan hanya menyuarakan ide dan gagasan tentang potensi di daerah namun pelatihan menulis juga sangat bermanfaat untuk keseharian. (*)

Cek Berita dan Artikel Mudah Diakses di Google News

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved