Dinas Ketahanan Pangan Sekadau Nilai Remediasi APKS KK Sejalan dengan Program IP3K

Sandae menuturkan remediasi dengan penanaman kakao di pinggiran sungai yang dilakukan petani kelapa sawit yang tergabung dalam Aliansi Petani

TRIBUNPONTIANAK/ISTIMEWA
Penanaman kakao secara simbolis di area NKT di wilayah Desa Gonis Tekam, Kecamatan Sekadau Hilir, Kabupaten Sekadau, Provinsi Kalimantan Barat, Rabu, 28 September 2022. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, SEKADAU - Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Sekadau, Sandae, sebut remediasi yang dilakukan oleh APKS KK bersama Solidaridad di Desa Gonis Tekan bisa jadi contoh untuk desa lain. Hal itu pun sesuai dengan program IP3K, Rabu 28 September 2022.

Sandae menuturkan remediasi dengan penanaman kakao di pinggiran sungai yang dilakukan petani kelapa sawit yang tergabung dalam Aliansi Petani Kelapa Sawit (APKS) Keling Kumang (KK) bisa menjadi contoh yang baik bagi pekebun yang akan menerapkan RSPO.

"Peran serta Pemerintah Daerah akan dilakukan secara maksimal demi mendukung terciptanya petani kelapa sawit berkelanjutan. Kegiatan ini juga sejalan dengan program IP3K. Apalagi kakao ini tiga tahun ke depan akan membuahkan hasil," kata Sandae.

Perayaan BKSN Sekadau Tahun 2022 Dimulai, Antusiasme Umat Padati Rumah Betang Sekadau

Lebih lanjut, Sandae menyebut pihaknya juga akan mencoba membuat kegiatan yang bisa melibatkan masyarakat adat, masyarakat umum dan pihak swasta untuk dapat menjaga hutan adat yang ada yang bisa menghasilkan oksigen bagi kehidupan.

Sejalan dengan tujuan remediasi yang salah satunya untuk menghasilkan oksigen bagi manusia.

Senada, Kades Gonis Tekam, Rizal Arafat sangat berbangga hati masyarakatnya bisa menjadi bagian dari kegiatan tersebut. Ia menyebut dalam jangka panjang Desa Gonis Tekam sudah membuat NKT hutan di tahun 2019.

"kedepan kita juga akan meminta ketika perusahaan jika melakukan replanting, kita minta melepaskan lahannya 50 meter dari sungai. Nantinya juga kita akan melepas bibit ikan di sungai untuk menjaga kelestarian ikan di sungai, " pungkasnya. (*)

Cek Berita dan Artikel Mudah Diakses di Google News

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved