Nasib PHK Kurir Shopee Xpress Setelah Kemenaker Turun Tangan

Nasib para kurir Shopee Xpress terkait pemutusan hubungan kerja atau PHK setelah Kemnaker turun tangan diungkap dalam hasil pertemuan.

Editor: Rizky Zulham
Shopee Indonesia
Logo Shopee - Nasib PHK Kurir Shopee Xpress Setelah Kemenaker Turun Tangan. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID - Nasib para Kurir Shopee Xpress terkait Pemutusan Hubungan Kerja atau PHK setelah Kemnaker turun tangan diungkap dalam hasil pertemuan.

Terbaru Kementerian Ketenagakerjaan Kemenaker telah bertemu dengan manajemen PT Shopee Indonesia, pada Kamis 22 September 2022.

Pertemuan tersebut terkait keputusan Shopee melakukan efisiensi dengan melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) para pekerjanya.

Direktur Jenderal Pembinaan Hubungan Industrial dan Jaminan Sosial Tenaga Kerja (Dirjen PHI-JSK) Kemenaker, Indah Anggoro Putri mengatakan, pertemuan pada Kamis tersebut, bukan merupakan mediasi antara pekerja dan pemberi kerja.

Dilema! Gaji Kurir Shopee Turun saat Kenaikan Harga BBM

Melainkan menerima penjelasan dari manajemen Shopee yang lebih dulu bersurat ingin bertemu dengan Kemenaker.

"Soal Shopee, sebenarnya bukan mediasi. Karena enggak ada konflik hubungan industrial di Shopee," katanya dihubungi Kompas.com, Jumat 23 September 2022.

Selama pertemuan tersebut, pihak manajemen menjelaskan kepada Kemenaker bahwa PHK dilakukan lantaran pasang surutnya daya beli akibat pengaruh gejolak ekonomi global yang akhirnya mempengaruhi perusahaan.

"Persaingan dalam dunia bisnis adalah wajar, di sini purchasing power (daya beli) publik sedang on-off karena situasi ekonomi global. Seperti perusahaan lainnya, Shopee menyikapi sikon ini dengan melakukan efisiensi," lanjut Putri.

Karena menurut manajemen Shopee, PHK sebagai cara untuk mempertahankan perusahaan dari ancaman pailit (bangkrut).

"PHK mungkin akan menjadi salah satu ikhtiar Shopee dalam proses efisiensi dan survival (bertahan), tapi Kemenaker menyampaikan kepada manajemen Shopee agar dikaji dulu secara serius bahwa memang PHK adalah jalan terakhir," jelas Putri.

Halaman
12
Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved