Lokal Populer

Ziarah Makam Sebagai Napak Tilas Hadirnya Raja Pertama Mempawah Opu Daeng Manambon

Bupati Erlina mengatakan, sangat mengapresiasi pelaksanaan ziarah makam Opu Daeng Manambon dalam rangka rangkaian kegiatan Robo-robo yang diperingati

Penulis: Ramadhan | Editor: Destriadi Yunas Jumasani
TRIBUNPONTIANAK/RAMADHAN
Bupati Mempawah, Erlina, bersama Wakil Bupati Muhammad Pagi, beserta jajaran Forkopimda dan OPD turut serta melakukan ziarah Akbar di Makam Opu Daeng Manambon dalam rangkaian tradisi Robo-Robo, di Sebukit Rama, Kecamatan Mempawah Hilir, Kabupaten Mempawah, Kalimantan Barat, Selasa 20 September 2022. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID - Bupati Mempawah, Erlina, bersama Wakil Bupati Muhammad Pagi, beserta jajaran Forkopimda dan OPD turut serta melakukan ziarah Akbar di Makam Opu Daeng Manambon dalam rangkaian tradisi Robo-Robo, di Sebukit Rama, Kecamatan Mempawah Hilir, Kabupaten Mempawah, Kalimantan Barat, Selasa 20 September 2022.

Bupati Erlina mengatakan, sangat mengapresiasi pelaksanaan ziarah makam Opu Daeng Manambon dalam rangka rangkaian kegiatan Robo-robo yang diperingati setiap tahunnya.

"Alhamdulillah tadi kita telah melaksanakan ziarah ke makam Opu Daeng Manambon, yang mana ini dilakukan dalam rangka kegiatan Robo-robo yang setiap tahunnya dilaksankan," terangnya kepada awak media.

"Dengan kegiatan ini kita bisa menapak tilas rekam jejak dari perjalanan Raja Pertama Mempawah yakni Opu Daeng Manambon," katanya lagi.

KPA Kota Pontianak Akui Kehadiran Perda Nomor 9 tahun 2021 Bantu Turunkan Kasus HIV/AIDS

Bupati Erlina mengatakan kegiatan Robo-robo merupakan salah satu adat dan budaya yang ada di Kabupaten Mempawah yang harus dijaga.

"Dengan adanya acara Robo-robo ini diharapkan dapat menjaga adat istiadat yang ada terutama di Kabupaten Mempawah, dan ajang mempererat silaturahmi kita. Ingat budaya harus kita lestarikan," tutup Erlina.

Ziarah Makam

Raja Mempawah, Pangeran Ratu Mulawangsa Mardan Adijaya Kesuma Ibrahim, bersama keluarga besar Kerajaan Amantubillah Mempawah, melakukan ziarah akbar di makam Opu Daeng Manambon, yang terletak di Dusun Sebukit Rama, Desa Pasir, Kecamatan Mempawah Hilir, Kabupaten Mempawah, Kalimantan Barat, Selasa 20 September 2022.

Ziarah makam juga diikuti oleh Bupati Mempawah Erlina, Wakil Bupati Mempawah Muhammad Pagi, Kapolres Mempawah AKBP Fauzan Sukmawansyah, Dandim 1201/Mpw Letkol Inf Daru Cahyo Alam, Kakankemenag Mempawah Hasib Arista, dan jajaran Forkopimda, serta ratusan masyarakat yang juga ikut dalam ziarah tersebut.

Baca juga: Sempat Berkiprah di Klub dibela Egy Maulana Vikri, Kini Milan Skriniar Jadi Pemain Incaran PSG

Diketahui ziarah yang dilakukan ini adalah salah satu prosesi dari agenda Robo-robo ataupun napak tilas hadirnya raja pertama Mempawah yakni Opu Daeng Manambon.

Ritual ziarah makam ini adalah salah satu rangkaian kegiatan sebelum acara puncak Robo-robo di Mempawah.

Untuk menuju makam Opu Daeng Manambon tidaklah mudah, perlu perjuangan dan fisik yang kuat. Karena makamnya sendiri berada di atas bukit dan ada sekitar 200 lebih anak tangga yang harus ditapaki.

Terlihat Raja Mempawah bersama Bupati, Wakil Bupati, dan jajaran Forkopimda, saat menapaki tangga menuju makam Opu Daeng Manambon dikawal oleh pengawal kerajaan Amantubillah hingga sampai ke makam Opu Daeng Manambon.

Sesampainya di makam dilaksankan ritual doa bersama di pusaran Makam Opu Daeng Manambon dengan penuh kekhusyukan.

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved