Tak Punya Waktu Ke Kantor BPJS Kesehatan? Tenang Ada Layanan MCS dan PANDAWA

Kali ini BPJS Kesehatan Cabang Pontianak membuka layanan MCS atau yang biasa disebut layanan jemput bola di wilayah....

Editor: Mirna Tribun
TRIBUNFILE/ISTIMEWA
Layanan MCS ini rutin dilaksanakan dengan berpindah-pindah di berbagai tempat di wilayah kerja BPJS Kesehatan Pontianak. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAKBPJS Kesehatan terus berupaya untuk membuka layanan di berbagai kanal kepada pesertanya demi menjawab dan memenuhi kebutuhan peserta dalam mengakses layanan JKN.

Salah satunya yaitu melalui layanan Mobile Customer Service (MCS).

Kali ini BPJS Kesehatan Cabang Pontianak membuka layanan MCS atau yang biasa disebut layanan jemput bola di wilayah kelurahan Siantan Hulu, tepatnya di halaman Kantor Lurah Siantan Hulu Kota Pontianak, Provinsi Kalimantan Barat, Jumat 16 September 2022.

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Pontianak Desvita Yanni menjelaskan layanan MCS ini rutin dilaksanakan dengan berpindah-pindah di berbagai tempat di wilayah kerja BPJS Kesehatan Pontianak.

"Layanan MCS merupakan salah satu layanan yang masih banyak ditunggu dan diminati masyarakat. Hal tersebut terbukti dari antusias masyarakat yang tinggi ketika mengunjungi layanan BPJS Kesehatan melalui MCS. Berbagai layanan diberikan melalui MCS seperti pendaftaran peserta, perubahan data, hingga pelayanan informasi dan pengaduan," jelas Desvita.

Desvita menambahkan bagi masyarakat Pontianak yang belum memiliki waktu untuk mengunjungi kantor BPJS Kesehatan dapat memanfaatkan layanan ini.

Baca juga: Cara dan Syarat Usulkan Pindah Kelas BPJS Kesehatan Kepesertaan Mandiri Gratis!

“Untuk mengetahui jadwal MCS kami peserta cukup menelpon ke kantor BPJS Kesehatan Pontianak terlebih dahulu. Selain mengunjungi MCS, peserta JKN juga dapat memanfaatkan layanan digital melalui chat wa atau yang disebut Pandawa,"tutur Desvita.

Pelayanan administrasi melalui Whatsapp (PANDAWA) merupakan salah satu layanan digital yang praktis dan menghemat waktu peserta JKN, dengan melakukan chat ke nomor layanan pandawa 08118165165 peserta dapat mengakses berbagai layanan antara lain seperti Pendaftaran Baru (PNS/TNI/POLRI/WNA/PBPU), Penambahan Anggota Keluarga (PNS/TNI/POLRI/WNA/PBPU), Pengaktifan Kembali Kartu, Pindah Jenis Kepesertaan (PBI/PPU non aktif menjadi PBPU), Perubahan/Perbaikan Data, Perubahan FKTP, Pengurangan Anggota Keluarga, Perubahan Kelas Rawat bagi peserta yang belum membayar iuran pertama.

Salah seorang pengunjung bernama Nasrah (22) merasa terbantu dengan layanan MCS yang disediakan oleh BPJS Kesehatan.

“Jujur saja sudah lama kartu JKN saya tidak aktif karena sudah berhenti dari perusahaan, dengan adanya MCS ini saya jadi teringat untuk mengaktifkan lagi, ternyata saya bisa melanjutkannya menjadi peserta mandiri. Melalui MCS saya juga banyak mendapat informasi-informasi menarik Program JKN diantaranya layanan PANDAWA,” tutur Nasrah.

Menurutnya kehadiran MCS sangat membantu warga sekitar yang kurang mendapat informasi terkait Program JKN atau belum sempat mengurus urusan administrasi kartu JKN.

Layanan PANDAWA juga menurut Nasrah menjadi solusi ketika kita tidak sempat berpergian untuk mengurus administrasi Program JKN. (*)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved