Pemkab Sekadau Gelar Regsosek Capai Data Akurat dan Berkualitas

Regsosek merupakan upaya dalam mewujudkan satu data Indonesia yang membantu pemerintah pusat dan daerah menuju kesejahteraan sosial di Indonesia.

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/Marpina Sindika Wulandari
Wakil Bupati Sekadau, Subandrio saat membuka Rapat Koordinasi Registrasi Sosial Ekonomi Tahun 2022 Kabupaten Sekadau di ruang serbaguna kantor Bupati Sekadau, Rabu 21 September 2022. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, SEKADAU - Wakil Bupati Sekadau, Subandrio buka Rapat Koordinasi Registrasi Sosial Ekonomi Tahun 2022 Kabupaten Sekadau di ruang serbaguna kantor Bupati Sekadau, Rabu 21 September 2022.

Subandrio memaparkan, registrasi sosial ekonomi (regsosek) adalah sistem dan basis data seluruh penduduk yang terdiri dari profil, kondisi sosial ekonomi, dan tingkat kesejahteraan yang terhubung dengan data induk kependudukan serta basis data lainnya hingga tingkat desa/kelurahan.

Regsosek merupakan upaya dalam mewujudkan satu data Indonesia yang membantu pemerintah pusat dan daerah menuju kesejahteraan sosial di Indonesia.

Dengan menggunakan basis data tunggal, pemerintah dapat melaksanakan berbagai programnya secara terintegrasi, tidak tumpang tindih, dan lebih efisien. Data tunggal dapat digunakan untuk penanganan korban bencana, wabah, dan perubahan iklim secara cepat.

Pemilik Rumah Makan di Sekadau Harap Stok Daging Sapi Segar di Sekadau Selalu Tercukupi

"Saat ini, Kementerian / Lembaga Dan Pemerintah Daerah memiliki data terkait kesejahteraan sosial yang belum terintegrasi. Pemerintah terus berbenah dan melakukan evaluasi terhadap pemberian bantuan sosial akibat dampak covid-19. hal ini bertujuan agar adanya perbaikan di dalam mekanisme terutama dalam perlindungan sosial, " kata Subandrio.

Adapun pentingnya reformasi perlindungan sosial digunakan untuk, integrasi program perlindungan sosial dengan pemberdayaan sosial ekonomi, kolaborasi lintas program, dan kerjasama dengan non pemerintah melalui pengembangan registrasi sosial ekonomi.

"Saya berharap melalui rapat koordinasi registrasi sosial ekonomi (Regsosek) tahun 2022 Kabupaten Sekadau, semua pihak dapat mendukung dan mengawal pelaksanaan pendataan. Sehingga menghasilkan data yang baik dan akurat. Data yang dapat membantu pemerintah daerah dalam mengambil kebijakan strategis, terutama mendorong visi misi Kabupaten Sekadau serta program unggulan IP3K, " pungkas Subandrio. (*)

Cek Berita dan Artikel Mudah Diakses di Google News

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved