Muji Akui Tenang Jalani Kemoterapi Gunakan Jaminan Kesehatan Nasional

Muji tampak sedang mendapatkan pengobatan Kemoterapi di salah satu rumah sakit milik pemerintah di Kota Pontianak, Provinsi Kalimantan Barat.

Editor: Mirna Tribun
TRIBUNFILE/ISTIMEWA
Muji Lestari (63) salah satu peserta BPJS Kesehatan jalani kemoterapi pasca operasi.  

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK – Sudah 3 bulan lamanya Muji Lestari (63) menjalani Kemoterapi pasca operasi yang dijalaninya.

Saat dikunjungi petugas BPJS SATU! (BPJS Siap Membantu), Muji tampak sedang mendapatkan pengobatan Kemoterapi di salah satu rumah sakit milik pemerintah di Kota Pontianak, Provinsi Kalimantan Barat.

Muji yang merupakan Pensiunan PNS (Pegawai Negeri Sipil) mengaku gunakan Jaminan Kesehatan Nasional yang dikelola oleh BPJS Kesehatan, ia bisa menjalani kemoterapi dengan aman dan tenang.

"Sewaktu masih aktif menjadi PNS, alhamdullilah saya sudah memiliki Kartu KIS dulu namanya Askes ya, beruntung selama bekerja saya dikaruniai kesehatan sehingga tidak pernah menggunakan atau memanfaatkan kartu Askes yang dimiliki waktu itu," tutur Muji.

Seiring berjalannya waktu, tak disangka 5 tahun setelah pensiun tepatnya pada pertengahan tahun 2022 Muji mengalami sakit yang mengharuskannya menjalankan operasi dan kemoterapi.

Integrasi Digital Sistem Layanan Program JKN, Ciptakan Kemudahan dan Kepuasan Peserta

"Sakit datang itu tak dapat disangka, awalnya saya merasa sehat-sehat saja, namun sekitar bulan Juni tahun 2022 tiba-tiba saya sakit dan setelah menjalani beberapa kali pemeriksaan dan tindakan oleh dokter, saya direkomendasikan untuk menjalani kemoterapi," tutur Muji.

Muji menambahkan beruntung rasanya karena pemerintah Indonesia melindungi masyarakat Indonesia dengan Program JKN, meskipun harus membayar, tapi premi yang dibayarkan termasuk sangat terjangkau dengan manfaat layanan kesehatan yang maksimal.

"Tidak terbayangkan rasanya jika di usia senja seperti saya jika sakit masih harus memikirkan biaya pengobatan yang mahal, berkat JKN saya tenang menjalani proses demi proses kemoterapi," tutur Muji.

Muji menambahkan layanan yang diberikan oleh fasilitas kesehatan dalam Program JKN saat ini pun semakin baik, selama menjalani Kemoterapi Muji merasa dilayani dengan baik dengan petugas di rumah sakit.

“Perawat-perawat yang yang membantu saya dalm proses pengobatan saya selama menjalani Kemoterapi sangat baik, sabar, bahkan sudah seperti keluaga sendiri, tak segan sembari menerima infus Kemoterapi kami diajak ngobrol, sehingga terkadang kami melupakan sejenak jika sedang sakit,” tutur Muji.

Muji serta pasien lainnya yang menjalani Kemoterapi berharap Program JKN selalu hadir bersama masyarakat Indonesia, semua layanan yang sudah semakin baik dapat dipertahankan bahkan ditingkatkan sehingga seluruh masyarakat Indonesia dimanapun berapa dapat merasakan pelayanan yang semakin merata dan optimal. (*)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved