Lima Program Unggulan BI Kalbar Untuk Gerakan Nasional Pengendalian Inflasi Pangan di Daerah

Ini terkait dalam menjaga ekspetasi inflasi di masyarakat. Walau sekedar ekspetasi tapi berdampak bisa mendorong kenaikan harga.

Penulis: Nina Soraya | Editor: Nina Soraya
Tribun Pontianak/Nina Soraya
Gubernur Kalbar dan Kepala Perwakilan Bank Indonesia Kalbar menyerakan Booklet Edukasi Inflasi kepada Perwakilan TP PKK serta penyerahan bantuan PSBI kepada dua Pondok Pesantren dan dua kelompok tani saat Kick Off Gerakan Nasional Pengendalian Inflasi Pangan (GNPIP) Kalbar pada Senin 19 September 2022. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Bank Indonesia Kalbar bersama Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Provinsi Kalbar menggelar Kick Off Gerakan Nasional Pengendalian Inflasi Pangan (GNPIP) Kalbar pada Senin 19 September 2022.

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Kalbar, Agus Chusaini, mengatakan GNPIP merupakan tindak lanjut arahan presiden RI dalam Rakornas pada 10 Agustus 2022 lalu.

GNPIP merupakan wujud nyata sinergi dan komitmen bersama Bank Indonesia, Tim Pengendali Inflasi Pusat dan Daerah (TPIP dan TPID), pelaku industri, serta masyarakat untuk mengelola tekanan inflasi dari sisi suplai dan mendorong produksi dalam rangka mendukung ketahanan pangan secara integratif, masif, dan berdampak nasional.

Implementasi GNPIP dilakukan di seluruh provinsi di Indonesia termasuk Kalimantan Barat.

BI mencatat inflasi Indeks Harga Konsumen secara nasional pada Agustus 2022 mencapai 4,69 persen dan kontribusi inflasi pangan 8,93 persen.

Meski inflasi pangan di Agustus 2022 turun dari bulan sebelumnya yang sebesar 10,47 persen, namun angka 8,93 persen ini masih terbilang tinggi.

“Tren ini masih berpotensi naik mengingat terjadi kenaikan harga pangan pasca penyesuaian harga BBM baru baru ini.

Pj Bupati Landak Hadiri Kegiatan Kick Off Gerakan Nasional Pengendalian Inflasi Pangan Kalbar

Perkembangan inflasi pangan sangat krusial karena bobot inflasi pangan sangat besar terhadap pengeluaran rumah tangga.

Kenaikan inflasi pangan dapat menggerus daya beli yang pada akhirnya bisa menurunkan daya beli masyarakat menengah ke bawah,” ujarnya saat memberikan sambutan Kick Off GNPIP Kalbar. 

Terdapat lima program dari GNPIP di Kalbar ini.Upaya-upaya yang dilakukan ini tujuannya agar bisa mengendalikan inflasi.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved