Cuaca Ekstrim, Hujan Lebat dan Angin Kencang, BPBD Kota Pontianak Siap Siaga

Di Kota Pontianak khususnya, Minggu 18 September kemarin, hujan lebat dan angin kencang menyebabkan genangan air dan pohon tumbang

Penulis: Muhammad Firdaus | Editor: Try Juliansyah
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/Muhammad Firdaus
Tim TRC dan relawan penanggulangan bencana BPBD Kota Pontianak, saat melakukan evakuasi pohon tumbang. Pontianak, Kalimantan Barat. Minggu, 18 September 2022. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Cuaca ekstrim hujan lebat disertai angin kencang terus terjadi belakangan ini hampir di seluruh wilayah Kalbar.

Di Kota Pontianak khususnya, Minggu 18 September kemarin, hujan lebat dan angin kencang menyebabkan genangan air dan pohon tumbang dibeberapa titik ruas Jalan.

Menanggapi kondisi ini, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Pontianak mengaku akan terus memantau kondisi ini.

"Kalau kita di tim (Tim Reaksi Cepat) TRC sih memang memantau perkembangan, nanti akan kita laporkan kepala nantikan tindakan apa yang akan diambil oleh kepala nanti," ucap Riyan, tim TRC dan relawan penanggulangan bencana BPBD Kota Pontianak. Senin, 19 September 2022.

Sengketa Lahan SDN 41 Disegel, DPRD Kota Pontianak Minta Pemkot dan Penggugat Segera Duduk Bersama

Dalam kondisi cuaca ekstrim seperti ini, tim TRC dan relawan penanggulangan bencana BPBD Kota Pontianak ini selalu siaga untuk menunggu laporan masyarakat.

Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi apabila ada insiden yang terjadi diakibatkan oleh cuaca ekstrim tersebut. Untuk kemudian diputuskan tindakan apa yang akan dilakukan.

"Memang kita siaga kalau sudah ada angin kencang sama hujan, teman-teman sudah siaga di Kantor, untuk antisipasi ini lah," ucapnya.

Ketika menerima laporan masyarakat bahwa ada suatu insiden terjadi, maka tim TRC dan relawan penanggulangan bencana BPBD Kota Pontianak ini dengan sigap untuk langsung turun ke lokasi kejadian.

"Kita tinggal tunggu perintah misalnya ada di daerah mana, terus teman-teman langsung meluncur ke lokasi," tutupnya. (*)

Cek Berita dan Artikel Mudah Diakses di Google News

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved