Cara Baca 16 Digit Angka NIK KTP, Berikut Daftar Lengkap Kode Provinsi Pada KTP!

Dokumen KTP merupakan dokumen administrasi kependudukan yang diterbitkan oleh dinas Dukcapil Kabupaten Kota.

KOMPAS/WISNU WIDIANTORO
Ilustrasi KTP Elektronik.-Berikut cara memahami 16 Digit angka pada KTP yang dilengkapi dengan daftar kode Provinsi yang tertera di KTP. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID - Setiap penduduk yang sudah menginjak usia 17 tahun atau sudah menikah wajib memiliki Kartu Tanda Penduduk ( KTP ) yang di dalamnya terdapat Nomor Induk Kependudukan ( NIK ) atau biasa disebut sebagai nomor KTP.

Dokumen KTP merupakan dokumen administrasi kependudukan yang diterbitkan oleh dinas Dukcapil Kabupaten Kota.

Angka-angka yang tercantum pada NIK juga bukan merupakan angka acak. Angka NIK terdiri dari 16 digit angka yang berisikan kode-kode tertentu.

Dua digit awal pada NIK merupakan kode yang menunjukkan wilayah provinsi tempat tinggal pada saat mendaftar.

Kemudian diikuti 4 digit setelahnya secara berurutan adalah kode kabupaten/kota, dan kecamatan tempat tinggal.

Kenapa NIK KTP tidak Bisa dirubah? Cek Cara Perubahan Data KTP Secara Online dan Manual!

Hal itu sebagaimana mengacu pada Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2013 tentang Perubahan Atas Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2006 tentang Administrasi Kependudukan.

"NIK adalah nomor identitas penduduk yang bersifat unik atau khas, tunggal, dan melekat pada seseorang yang terdaftar sebagai Penduduk Indonesia," demikian tertulis dalam UU Nomor 24 Tahun 2013.

Setelah itu untuk 6 digit setelahnya menunjukkan tanggal, bulan, dan tahun kelahiran. Rumus khusus bagi perempuan juga diterapkan. Jika perempuan maka tanggal lahirnya dijumlahkan dengan angka 40.

4 digit terakhir dalam NIK merupakan nomor urut penerbitan NIK yang diproses secara otomatis yang dimulai dari angka 0001.

Nah, jika telah memahami cara baca NIK pada KTP Berikut kami informasikan daftar kode wilayah provinsi yang tertera di KTP.

Halaman
1234
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved