Rangkaian Kegiatan Robo-robo Diawali Doa Bersama dan Makan Ribuan Tambol di Pelabuhan Kuala Mempawah

"Jadi pagi ini kita mulai dengan doa bersama sekaligus makan kue Kampong atau yang kita sebut Tambol secara bersama-sama dengan Ibu Bupati, Wakil Bupa

Penulis: Ramadhan | Editor: Rivaldi Ade Musliadi
TRIBUNPONTIANAK/RAMADHAN
Puluhan warga menggelar doa bersama atau tolak bala di Pelabuhan Regional Kuala Mempawah, Kelurahan Pasir Wan Salim, Kecamatan Mempawah Timur, Kabupaten Mempawah, Kalimantan Barat, Rabu 14 September 2022 pagi. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, MEMPAWAH - Warga menggelar doa bersama atau tolak bala di Pelabuhan Regional Kuala Mempawah, Kelurahan Pasir Wan Salim, Kecamatan Mempawah Timur, Kabupaten Mempawah, Kalimantan Barat, Rabu 14 September 2022.

Bupati Mempawah, Erlina dan Wakil Bupati Muhammad Pagi juga turut hadir mengikuti doa bersama yang digelar di pusat acara pagelaran tradisi Robo-Robo ini.

Ketua Panitia Pelaksana, Mohlis Saka, menyampaikan, kegiatan yang dilaksanakan merupakan permulaan sebelum dibukanya acara.

"Jadi pagi ini kita mulai dengan doa bersama sekaligus makan kue Kampong atau yang kita sebut Tambol secara bersama-sama dengan Ibu Bupati, Wakil Bupati, dan masyarakat yang datang. Ini kita lakukan sebelum kegiatan dibuka nanti malam," terangnya kepada awak media.

Wakil Bupati Mempawah Muhammad Pagi Buka Bimtek E-Arsip SRIKANDI

Mohlis menyebut doa bersama atau tolak bala sekaligus menandakan dimulainya rangkaian pagelaran tradisi Robo-Robo.

"Jadi hari ini bukan hari puncak Robo-Robonya, hari ini pembukaan hiburan rakyat, pasar rakyat dan kegiatan kegiatan lainnya," terangnya.

Dalam kegiatan doa bersama ini tambah Mohlis ada sekitar 80 jenis kue tradisional atau yang disebut juga dengan tambol, dengan jumlah kue ada sekitar 3 ribuan.

"Jumlahnya ada sekitar 3 ribuan kue dan terdiri dari 80 jenis kue-kue Kampong. Baik yang disiapkan oleh kami panitia maupun yang dibawa masyarakat. Jadi masyarakat juga ikut serta dalam doa bersama ini," ujarnya.

Mohlis Saka menyebut, seluruh rangkaian pagelaran warisan budaya tak benda Indonesia ini dijadwalkan akan berlangsung selama 1 bulan, dimulai pada 14 September hingga 14 Oktober 2022.

"Insyaallah pada malam hari ini ba'da isya baru kita buka pelaksanaan rangkaian kegiatan robo-robo. Semoga kegiatan ini berjalan dengan baik dan lancar," terangnya. (*)

Cek Berita dan Artikel Mudah Diakses di Google News

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved