Sebagai Dokumen Pendukung Untuk Buat KTP, Apa itu Surat Keterangan RT ? Kenali Fungsinya Berikut!

Dokumen KTP diperlukan setiap orang dan wajib dimiliki untuk dapat mengakses pelayanan Publik dalam hal administrasi.

Tribunpontianak.co.id
Kartu Tanda Penduduk Online atau KTP Elektronik.-Saat ini bagi anda yang ingin melakukan registrasi pembuatan KTP baru tidak diperlukan lagi Dokumen pendukung berupa surat pengantar dari RT, Kini pembuatan KTP lebih dipermudah dengan hanya meminta surat keterangan dari Desa atau Keluarahan. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID - Dokumen Kartu Tanda Penduduk ( KTP ) merupakan dokumen identitas milik seseorang yang telah memenuhi syarat minimal usia 17 Tahun yang digunakan sebagai dokumen kependudukan.

Jika seseorang telah memenuhi syarat usia untuk membuat KTP maka sesegera mungkin untuk membuat KTP di kantor Disdukcapil ataupun kantor kecamatan untuk beberapa wilayah telah tersedia pembuatan KTP.

Dokumen KTP diperlukan setiap orang dan wajib dimiliki untuk dapat mengakses pelayanan Publik dalam hal administrasi.

Untuk membuat dokumen KTP kini persyaratannya telah dipermudah yaitu dengan tidak berlakunya surat pengantar dari RT seabagai dokumen yang sering dijadikan penunjang.

Hal lantaran data di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil ( Dukcapil ) dinilai sudah cukup lengkap sehingga tidak perlu lagi menyertakan surat keterangan dari pihak RT.

Adapun berdasarkan Perpres Nomor 96 Tahun 2018, cara membuat KTP atau dokumen kependudukan secara umum tidak lagi mensyaratkan surat pengantar, baik dari RT/RW, kelurahan ataupun kecamatan.

Masyarakat hanya cukup membawa fotocopy Kartu Keluarga (KK) ke Kantor Disdukcapil setempat.

Lantas, apa yang dimaksud Surat pengantar dari RT dan apa Fungsinya ?

Surat pengantar, adalah surat yang dibuat dengan tujuan memberitahu pihak yang dituju bahwa si pembawa surat telah diketahui dan disetujui oleh pihak yang bertanggung jawab terkait isi surat tersebut.

Surat pengantar RT merupakan dokumen yang sah untuk segala urusan dokumen yang berkaitan dengan adminitrasi kependudukan atau yang lainnya.

Halaman
1234
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved