Info Stimulus

Alasan BSU Cair Diundur Senin, Pemerintah Bicara Hari Kerja hingga Skema Subsidi Gaji BLT BPJS

Namun karena masalah hari kerja, penyaluran BLT BBM BSU / subsidi gaji Rp 600 ribu ditunda mulai Senin 12September 2022.

Editor: Rizky Zulham
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ANESH VIDUKA
Seorang warga mengecek saldo rekening di ATM - Alasan BSU Cair Diundur Senin, Pemerintah Bicara Hari Kerja hingga Skema Subsidi Gaji BLT BPJS. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID - Pencairan BSU resmi diundur ke hari Senin 12 Septmber 2022.

Kementerian Ketenagakerjaan Kemenaker menunda penyaluran BLT BBM berupa Bantuan Subsidi Upah BSU Subsidi Gaji dari tanggal 9 menjadi 12 September 2022 ini.

Alasannya karena Sabtu dan Minggu merupakan hari libur.

Seperti diketahui, Kemenaker berencana menyalurkan BLT BBM berupa BSU / subsidi gaji sebesar Rp 600 ribu kepada pekerja peserta BPJS Ketenagakerjaan pada Jumat 9 September 2022.

BSU Tahap Pertama Belum Cair! Pemerintah Malah Bahas Pencairan Subsidi Gaji BLT BPJS Tahap Dua

Namun karena masalah hari kerja, penyaluran BLT BBM BSU / subsidi gaji Rp 600 ribu ditunda mulai Senin 12September 2022.

"Hari ini (Jumat), uangnya sudah tersalurkan dari Kemenaker ke KPPN (Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara). Namun terpotong weekend, KPPN hanya bisa menyalurkan ke Bank Himbara pada hari kerja, yaitu Senin," kata Staf Khusus Menteri Ketenagakerjaan, Dita Indah Sari, dilansir dari Kompas.com, Jumat 9 September 2022.

"Begitu masuk ke Bank-bank Himbara maka langsung realtime dikirim ke rekening-rekening pekerja (yang berhak menerima BSU)," lanjut dia.

Adapun dana subsidi gaji / BSU Rp 600 ribu yang akan disalurkan pada Senin mendatang sebesar Rp 2.617.075.200.000, untuk 4.361.792 orang pekerja (tahap pertama penerima).

Namun penyaluran BLT BBM BSU / subsidi gaji tersebut akan diprioritaskan para pekerja yang menggunakan rekening Bank Himbara (BNI, Mandiri, BTN, dan BRI).

"Senin pagi akan turun dari KPPN ke BNI, BRI, Mandiri, BTN. Lalu, masing-masing Bank Himbara akan menyalurkan itu ke rekening masing-masing pekerja.

Yang rekeningnya BNI akan disalurkan via BNI, yang rekeningnya BRI akan disalurkan via BRI.

Jadi enggak ada biaya transfer karena dari bank yang sama," jelas Dita.

Senin BSU Pasti Cair! Janji Kemnaker ke Penerima Subsidi Gaji BLT BPJS 2022

Kemudian, bagi pekerja penerima BLT BBM BSU / subsidi gaji Rp 600 ribu yang memiliki rekening di luar Bank Himbara, lanjut Dita, diminta untuk bersabar.

"Untuk tahap pertama, kita fokus pada yang pegang rekening Himbara dulu. Supaya cepet ngalir uangnya. Baru tahap berikutnya yang di luar Himbara," kata dia.

Halaman
12
Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved