Pemda Kapuas Hulu Jambore Kader Posyandu Cegah Stunting di Perbatasan Indonesia-Malaysia

"Kita ketahui keadaan gizi masyarakat Indonesia pada saat ini masih belum mengembirakan, satu diantara masalah stunting (pendek), dimana masalah stunt

Penulis: Sahirul Hakim | Editor: Rivaldi Ade Musliadi
Kemenkes
Ilustrasi stunting. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, KAPUAS HULU - Wakil Bupati Kapuas Hulu, Wahyudi Hidayat, menyatakan kalau saat ini sedang berlangsung kegiatan Jambore Kader Posyandu Perbatasan di Kecamatan Badau.

"Kegiatan ini bertemakan Kader Posyandu Sebagai Garda Terdepan Pencegahan Stunting, dan pastinya saya mengapresiasi, karena upaya penurunan stunting yang ada di Kabupaten Kapuas Hulu ini," ujarnya kepada wartawan, Kamis 8 September 2022.

Wahyudi Hidayat menjelaskan, Kader Posyandu memiliki peran yang sangat penting sebagai ujung tombak dari semua kegiatan posyandu, salah satunya pencegahan stunting.

"Kita ketahui keadaan gizi masyarakat Indonesia pada saat ini masih belum mengembirakan, satu diantara masalah stunting (pendek), dimana masalah stunting merupakan masalah bersama yang harus kita hadapi," ucapnya.

Aster Kolonel Ruddy Minta Babinsa Berikan Respon Cepat Jika Ada Laporan Kasus Stunting 

Selain itu juga pemenuhan kebutuhan gizi diawal kehamilan, hingga bayi berumur 2 tahun atau dikenal seribu hari pertama kehidupan merupakan hal yang sangat penting, untuk diperhatikan dalam upaya percepatan penurunan stunting di wilayah Kabupaten Kapuas Hulu.

"Jadi pentingnya peran orang tua dan tenaga kesehatan dalam menangani dan mengatasi stunting, dengan pembertian asi eksklusif, asi yang tepat, menjaga hygienis sanitasi, agar sejak dini balita mendapatkan asupan gizi yang cukup dan terhindar dari penyakit infeksi," ujarnya.

Jelasnya, sedangkan peran tenaga kesehatan juga tidak kalah penting seperti bidan dan kader posyandu yaitu mengingatkan.

"Bagaimana menyadarkan orang tua untuk melakukan sosialisasi edukasi gizi kesehatan kepada ibu hamil dan orang tua balita," ungkapnya. (*)

Cek Berita dan Artikel Mudah Diakses di Google News

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved