BRI Gandeng Kemendagri dan BNPP Dorong Financial Inclusion di Perbatasan Indonesia

BRI menandatangani MoU dengan Kemendagri dan BNPP untuk menyediakan layanan perbankan berbasis teknologi informasi di perbatasan Indonesia.

DOK. BRI
Penandatanganan MoU antara BRI, Kemendagri, dan BNPP. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID – PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI (kode saham: BBRI) terus memperluas kerja sama dengan kementerian atau lembaga di Indonesia.

Terbaru, Perseroan menandatangani nota kesepahaman (MoU) dengan Kementerian dalam Negeri (Kemendagri) dan Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP) tentang Penyediaan dan Pemanfaatan Layanan Perbankan Berbasis Teknologi Informasi.

Penandatanganan tersebut dilakukan Direktur Utama (Dirut) BRI Sunarso dan Wakil Menteri dalam Negeri (Wamendagri) John Wempi Wetipo yang hadir mewakili Menteri dalam Negeri (Mendagri) sekaligus Kepala BNPP Tito Karnavian.

Turut hadir dalam acara tersebut, Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kemendagri Suhajar Diantoro, Sekretaris BNPP Restuardy Daud, Direktur Jenderal (Dirjen) Bina Keuda Kemendagri Agus Fatoni, serta jajaran pejabat lainnya.

Terkait penandatanganan kerja sama itu, BRI mengaku siap mendukung ekosistem keuangan daerah hingga perbatasan Indonesia.

“BRI siap mendukung transformasi pengelolaan keuangan daerah yang telah dilakukan Kemendagri. Ini merupakan ekosistem yang sangat besar sehingga BRI sebagai salah satu BUMN terbesar akan turut serta menyukseskan transformasi tersebut,” ungkap Sunarso.

Di samping itu, BRI juga memberikan layanan perbankan di Pos Lintas Batas Negara (PLBN) dibawah binaan BNPP.

Seperti diketahui, BRI sebagai bank terbesar di Indonesia memiliki Agen BRILink dengan jumlah lebih dari 500.000 agen yang tersebar hingga di perbatasan Tanah Air.

Proses bisnis maupun layanan BRI saat ini telah menggunakan face recognition dan akses data dari Dukcapil Kemendagri, di antaranya adalah Digital Saving BRI, BRIspot, dan Briguna Digital, serta layanan digital lainnya.

Untuk itu, ke depannya kerja sama antara BRI dengan Kemendagri dan BNPP diharapkan bisa terus berlanjut.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved