Gedung Mangkrak Rumah Sakit Untan Terbakar, 14 Petugas Pemadam Kebakaran Pingsan

Yang pingsan 14 orang, kondisi sekarang ada dirawat di Rumah Sakit Untan, ada yang sudah pulang tetapi ada yang masih dirawat

Editor: Jamadin
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/Muhammad Firdaus
Di lokasi kebakaran kepulan asap terus menggumpal di Gedung Mangkrak di belakang RS Untan. Senin, 29 Agustus 2022. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK  - Sebanyak 14 petugas pemadam kebakaran (damkar) pingsan saat berusaha memadamkan kebakaran gedung mangkrak RS Untan, di kawasan Universitas Tanjungpura Pontianak, Senin 29 Agustus 2022.

Setidaknya sekitar 11 jam terbakar sejak pukul 11.00 WIB, hingga sekitar pukul 22.00 WIB asap masih mengepul dari gedung 10 lantai tersebut. Asap tebal akibat kebakaran inilah yang membuat belasan petugas damkar pingsan.

Saat proses pemadaman, asap tebal dari kebakaran yang terjadi di basement bangunan tiba-tiba berbalik arah sehingga membuat petugas kesulitan bernafas.

Petugas pemadam yang pingsan pun langsung diberikan pertolongan oleh petugas medis dari RS Untan dengan diberikan bantuan oksigen. Petugas pemadam yang pingsan pun lalu dibawa keruangan lain yang sedikit jauh dari titik lokasi kebakaran.

Titik kebakaran sendiri berada tepat di belakang Rumah Sakit Universitas Tanjungpura Pontianak dengan jarak hanya beberapa meter saja. Hingg Senin malam, petugas pemadam kebakaran yang pingsan tersebut masih dirawat di rumah sakit untuk memulihkan kondisinya.

Kebakaran di Kawasan Untan, Sejumlah Petugas Damkar Dilarikan Ke Rumah Sakit

"Yang pingsan 14 orang, kondisi sekarang ada dirawat di Rumah Sakit Untan, ada yang sudah pulang tetapi ada yang masih dirawat," ujar Sekretaris Forum Komunikasi Pemadam Kebakaran Pontianak, Edi Zulkarnain , Senin malam.


Edi Zulkarnain menyampaikan saat ini, skema pemadaman berfokus pada melokalisir bangunan yang terbakar, karena untuk masuk ke titik api sangatlah sulit.
Titik api dikatakan Edi berada pada bagian tengah basement bangunan, sehingga sangat sulit untuk dijangkau. "Untuk menjaga keselamatan petugas kita lokalisir dari luar," ujarnya.

Dalam proses pemadaman, Edi mengungkapkan seluruh damkar di Kota Pontianak dan Kubu Raya turun ke lokasi, dengan jumlah 49 tim damkar dari Pontianak dan 17 tim Damkar dari Kabupaten Kubu Raya.

Tim damkar memiliki kesulitan dalam proses pemadamannya, dikarenakan api terpusat pada bagian bawah gedung bangunan yang belum selesai dibangun. "Untuk saat ini posisi api di bagian tepi sudah aman, tapi api semakin disemprot semakin ketengah, dan berada di bawah gedung, " kata Haikal pemadam dari BPA Sungai Jawi.

Dengan adanya asap yang cukup tebal ia juga mengatakan tim cukup kesulitan. "Kalau kita merapat lebih dekat ke gedung asapnya lumayan tebal, takutnya kalau kawan-kawan tidak mampu bisa pingsan," katanya.

Halaman
123
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved