Pemilu 2024

Profil Saiful Mujani, Konsisten Dalam Dunia Penelitian Sekaligus Pendiri SMCR Saat Berusia 49 Tahun

Menjelang pemilu ada banyak partai politik dan kader partai yang memanfaatkan hasil rilisan SMRC sebagai rujukian untuk mengikuti pemilu.

tribunnews
Pendiri SMRC-Saiful Muzani adalah pendiri lembaga Survei SMRC, lembaga ini banyak keterkaitannya dengan proses pemilu dan lebih mengarah kepada perilaku pemilih. dia mendirikan SMRC pada usia 49 Tahun setelah pulang dari Amerika. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID - Inilah Profil Saiful Mujani pria kelahiran serang 8 Agustus 1962 yang merupakan pendiri lembaga survei SMRC ( Saiful Mujani Research and Consulting ).

Saiful Mujani merupakan orang yang konsisten dalam dunia penelitian, terkait perilaku pemilih saiful memperkenalkan metode empirik dalam tradisi ilmu politik di Indonesia.

Bahkan Hasil-hasil surveinya pun menjadi rujukan dalam Pilkada, Pilgub, hingga Pilpres untuk membaca realitas masyarakat pemilih.

Menjelang pemilu ada banyak partai politik dan kader partai yang memanfaatkan hasil rilisan SMRC sebagai rujukian untuk mengikuti pemilu.

Survei SMRC Kerap dinilai relevan dengan hasil yang diperoleh saat pemilu.

LSI Paparkan Hasil Survei Capres, Airlangga Hartarto Sosok yang Paling Diinginkan

PENDIDIKAN

Saiful Mujani ini menyelesaikan Pendidikan Strata 1 di Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta pada 1989.

Selanjutnya Saiful Mujani menjadai editor Studia Islamika dan dosen di almamaternya saat usianya 32 tahun.

Memiliki jiwa yang kritis, Saiful bersama rekan-rekannya pun mendirikan Pusat Pengkajian Islam dan Masyarakat (PPIM) UIN Jakarta.

Di organisasi tersebut dia juga dipercaya sebagai peneliti senior.

Untuk memperdalam ilmunya, ia melanjutkan sekolah master dan doktornya di Ohio State University, Amerika Serikat dengan mengambil bidang Political Sciences.

Kemudian menamatkan pendidikannya dengan memperoleh gelar Master of Arts di tahun 1998 dan Doctor of Philosophy pada Tahun 2003.

Sejarah Berdirinya Lembaga Survei Indonesia dan Independensinya Terhadap Perkembangan Pemilu

KARIER

Editor, Studia Islamika (1994)

Halaman
1234
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved