Khazanah Islam

Khazanah Islam : Bacaan Dzikir Hari Jumat Hapuskan Doa Meski Sebanyak Buih Lautan

Keutamaan dari berdzikir ini juga dapat menggugurkan dosa sebanyak apapun serta sebagai bentuk kehambaan kepada Allah SWT.

Penulis: Madrosid | Editor: Madrosid
Kolase Tribunpontianak.co.id / sid
Dzikir Hari Jumat memiliki keutamaan menghapuskan dosa meski sebanyak buit lautan. Hari Jumat merupakan paling agung dalam Islam yang setiap amalan digandakan. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID - Terkait pembahasan Khazanah Islam kali ini adalah tentang dzikir yang dianjurkan di baca pada Hari Jumat.

Hari Jumat merupakan hari paling agung dalam Islam sehingga setiap amalan yang dilaksanakan pada Hari Jumat akan mendapatkan pahala yang berlipat.

Makanya dzikir menjadi amalan paling mudah dan paling dianjurkan sebab bisa dibaca setiap saat selama Hari Jumat.

Dzikir merupakan amalan dalam rangka 'mengingat', Allah SWT sebagai Tuhan Yang Maha Esa yang berkuasa atas segala sesuatunya di bumi dan dilangit termasuk diri kita.

Keutamaan dari berdzikir ini juga dapat menggugurkan dosa sebanyak apapun serta sebagai bentuk kehambaan kepada Allah SWT.

Doa Menenangkan Hati dan Pikiran Bisa Dibaca Sebagai Dzikir Sebelum Tidur

Perintah terkait dzikir, salah satunya, tertuang dalam Al-Quran, yakni Surah Al Ahzab ayat 41.

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اذْكُرُوا اللَّهَ ذِكْراً كَثِيراً

“Hai orang-orang yang beriman, berzdikirlah (dengan menyebut nama) Allah, dzikir yang sebanyak-banyaknya.” (QS Al Ahzab: 41).

Dzikir juga disebutkan dapat menghapuskan dosa meski sebanyak buih lautan. Sebagaimana disebutkan dalam hadist Rasulullah SWA.

وَمَنْ قَالَ سُبْحَانَ اللَّهِ وَبِحَمْدِهِ فِي يَوْمٍ مِائَةَ مَرَّةٍ حُطَّتْ خَطَايَاهُ وَلَوْ كَانَتْ مِثْلَ زَبَدِ الْبَحْرِ

“Barang siapa membaca Subhanallahi Wabihamdihi (Maha Suci Allah dan segala puji bagi-Nya) seratus kali dalam sehari, maka dosanya akan dihapus, meskipun sebanyak buih lautan.” (HR. Muslim No. 4857)

Selain itu, ada sederet bacaan dzikir pendek lainnya yang baik diamalkan terutama saat Ramadhan.

Berikut Bacaan dzikir Hari umat

1. Subhaanallaahi wa bihamdih 100 kali

Halaman
123
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved