Implementasikan 5 Agenda Besar Indonesia Maju, BRGM Fokus Wujudkan 2 Hal Ini

Kepala Badan Restorasi Gambut dan Mangrove (BRGM) Hartono mengungkapkan, pihaknya ikut serta berkontribusi dalam mewujudkan ekonomi hijau.

Penulis: Dwi Nur Hayati | Editor: AMALIA PURNAMA SARI
Dok. Humas BRGM
Prosesi Upacara Bendera Peringatan HUT Kemerdekaan RI ke 77 di Graha Gamma BRGM, Cikini, Jakarta Pusat. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID – Kepala Badan Restorasi Gambut dan Mangrove (BRGM) Hartono memaparkan lima agenda besar untuk mencapai Indonesia Maju yang dicanangkan Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo (Jokowi) di Gedung Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) atau Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR), Jakarta, (16/8/2022)

Pertama, kata dia, hilirisasi dan industrialisasi sumber daya alam (SDA). Kedua, penerapan ekonomi hijau. Ketiga, pemberian perlindungan hukum, sosial, politik, dan ekonomi kepada seluruh masyarakat.

Keempat, penguatan UMKM sebagai pilar ekonomi Indonesia. Kelima, melanjutkan pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN),” ujarnya dalam keterangan tertulis yang diterima Tribunpontianak.co.id, Kamis (18/8/2022).

Pernyataan tersebut disampaikan Hartono saat memberi amanat dalam upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 RI di Graha Gamma BRGM, Cikini, Jakarta Pusat, Rabu (17/8/2022). 

Dari lima agenda prioritas tersebut, ia mengungkapkan bahwa setidaknya ada dua hal yang menjadi fokus kerja BRGM.

Pertama, sebut Hartono, BRGM ikut serta berkontribusi dalam mewujudkan ekonomi hijau.

“Presiden Jokowi secara gamblang menyebutkan bahwa optimalisasi sumber energi bersih dan ekonomi hijau harus terus ditingkatkan,” jelasnya.

Ekonomi hijau yang dimaksud, misalnya dalam hal persemaian dan rehabilitasi hutan tropis atau hutan mangrove, serta habitat laut.

Hartono menyebutkan bahwa konsep ekonomi hijau memiliki tiga ciri penting, yaitu ekonomi rendah karbon, memperhitungkan kerusakan lingkungan, dan mendorong kesejahteraan masyarakat secara berkelanjutan.

“Oleh karena itu, gambut dan mangrove adalah dua hal penting karena berperan sebagai pilar yang akan menyokong dari konsep ekonomi hijau,” kata dia.

Halaman
123
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved