130 Siswa SMKN IV SPP-SPMA Singkawang Belajar Budidaya Pohon Eukaliptus di Kalimantan Timur

130 siswa yang diberangkatkan tersebut merupakan siswa jurusan Agribisnis Tanaman Perkebunan dan Agribisnis Tanaman Pangan dan Holtikultura.

Penulis: Rizki Kurnia | Editor: Try Juliansyah
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/Istimewa/Dok. SMKN IV SPP-SPMA Singkawang.
Sejumlah siswa belajar pembibitan pohon Eukaliptus di Perusahaan di Kalimantan Timur. Selasa 9 Agustus 2022. /Dok. SMKN IV SPP-SPMA Singkawang. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, SINGKAWANG - Sebanyak 130 siswa dari SMKN IV SPP-SPMA Singkawang berhasil diterima magang di sebuah perusahaan di Kabupaten Penajam Paser Utara Ibu Kota Negara (IKN), Balikpapan, Provinsi Kalimantan Timur.

Keberhasilan ini berkat terobosan yang dilakukan Sekolah SMKN IV SPP-SPMA Singkawang dibawah kepemimpinan Kepala Sekolah Drs. H. Mizan, M.Si yang telah menjalin kerjasama dengan perusahaan yang bergerak di bidang Hutan Tanaman Industri (HTI) tersebut.

Mizan menerangkan, 130 siswa yang diberangkatkan tersebut merupakan siswa jurusan Agribisnis Tanaman Perkebunan dan Agribisnis Tanaman Pangan dan Holtikultura.

"Kegiatan ini merupakan program Link and Super Match SMK. Dimana semua biaya ditanggung oleh perusahaan," terang Mizan, Selasa 9 Agustus 2022.

Personel Polres Singkawang Laksanakan Apel Bagian Satuan Kasi di Mapolres Singkawang

Kegiatan magang ini, ia katakan, berlangsung sejak 12 Juli lalu hingga 20 Desember 2022 mendatang. Di mana, selama proses magang, para siswa akan mempelajari secara langsung proses pembibitan, penanaman dan pemeliharaan pohon Eukaliptus yang merupakan bahan baku kertas dan serat benang.

"Akhir dari kegiatan ini ada dua posisi yang akan diberikan kepada siswa. Yang pertama Direkrut Menjadi Mandor di Perusahaan dan yang kedua untuk yang berprestasi baik akan diberikan beasiswa melanjutkan Study S1 di Perguruan Tinggi di Yogyakarta dengan biaya 100 persen ditanggung perusahaan," jelasnya.

Atas jalinan kerjasama ini, pihaknya mengucapkan terima kasih kepada pihak Manajemen Perusahaan dengan harapan program ini berjalan sukses dan akan berlanjut ditahun-tahun yang akan datang. (*)

Cek Berita dan Artikel Mudah Diakses di Google News

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved