Jokowi ke Kalbar

Besok Presiden Jokowi Resmikan Terminal Kijing, Gedung Baru RSUD Soedarso dan Tinjau Pasar Flamboyan

Di antaranya mendorong tumbuhnya industri CPO, bauksit, pupuk, alumina, dan industri potensial lainnya

Editor: Jamadin
TRIBUNPONTIANAK/Maskartini
Aktivitas jual beli di pasar Flamboyan Pontianak beberapa waktu lalu. Kedatangan Presiden Jokowi Selasa 9 Agustus 2022 besok akan melakukan kunjungan ke pasar tersebut. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, MEMPAWAH  - Pembangunan Terminal Kijing di Sungai Kunyit, Kabupaten Mempawah saat ini sudah rampung 100 persen. Rencananya, bangunan tersebut akan diresmikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada Selasa 9 Agustus 2022 besok.

"Progres pembangunan Terminal Kijing saat ini, untuk tahap inisial (tahap awal) konstruksi Terminal Kijing sudah mencapai 100 persen. Dermaga 1.000 m x 100 m, trestle 3.450 m, lahan sisi darat 13,8 hektare untuk operasi petikemas dan untuk relokasi pembangunan jalan nasional masih dalam proses kontruksi penyelesaian," kata Direktur Komersial dan Teknik di Sub Holding PT Pelindo Solusi Logistik, Kokok Susanto, Minggu 7 Agustus 2022.

Menurutnya, pengembangan selanjutnya direncanakan sesuai dengan masterplan dan tentunya akan disesuaikan sesuai kebutuhan volume komoditas kargo.

"Pengembangan kawasan pendukung pelabuhan untuk mendukung kegiatan logistik di Terminal Kijing juga telah sampai tahap perencanaan dan perhitungan kelayakan bisnis," paparnya.

Suriansyah Sambut Baik Peresmian Pelabuhan Kijing dan Gedung Baru RSUD Soedarso oleh Presiden Jokowi

Saat ini Pelabuhan Kijing sudah digunakan untuk pelayanan kargo curah cair dan curah kering. Namun ke depannya akan melayani petikemas, general cargo dan project cargo.

"Saat ini sudah terdapat perusahaan yang menggunakan Terminal Kijing, terutama perusahaan yang bergerak di bidang kelapa sawit. Terdapat juga perusahaan yang masih dalam penjajakan sebagai potential customer untuk dapat beroperasi melalui Pelabuhan Kijing," jelasnya.

Dia melanjutkan, untuk ke depan, Terminal Kijing diharapkan menjadi pintu gerbang utama Provinsi Kalimantan Barat, serta dapat mendorong tumbuhnya kawasan industri baru di sekitarnya.

"Di antaranya mendorong tumbuhnya industri CPO, bauksit, pupuk, alumina, dan industri potensial lainnya," katanya.

Berdasarkan informasi yang Tribun himpun, Presiden Jokowi setidaknya punya tiga agenda berbeda saat kunjungan kerja ke Kalimantan Barat. Selain meresmikan Pelabuhan Kijing, Jokowi juga akan membagikan sembako di Pasar Flamboyan Pontianak dan meresmikan gedung baru RSUD dr Soedarso Pontianak. 

Wali Kota Pontianak Edi Rusdi Kamtono mengonfirmasi kalau Presiden Jokowi akan menyempatkan berkunjung ke Pasar Flamboyan. Menurut Edi, kedatangan RI 1 tersebut sekaligus meninjau kondisi Pasar Flamboyan dan menyapa warga yang mendapat bantuan sosial (bansos).

DETIK-DETIK Presiden Jokowi Tiba di Bandara Supadio Pontianak Kalimantan Barat

"Kita menyambut baik untuk yang kesekian kalinya pada rangkaian kunjungan Pak Presiden ke Kalbar untuk meresmikan Pelabuhan Internasional Kijing. Beliau juga sempatkan mampir ke Pasar Flamboyan Pontianak untuk melihat kondisi pasar dan menyapa pedagang, sekaligus menyapa warga yang mendapat bantuan sosial," kata Edi, Minggu.

Selain itu, lanjut Edi, dirinya nanti juga akan melaporkan tentang perkembangan Kota Pontianak, mulai dari pembangunan infrastruktur dan lainnya. "Dan tentunya akan kita laporkan perkembangan pembangunan di Pontianak kepada Pak Presiden," ungkapnya.

Sementara pantauan Tribun di RSUD dr Soedarso, Minggu 7 Agustus , sudah terpasang baliho ucapan selamat datang kepada Presiden Jokowi, di depan gedung baru rumah sakit. Selain itu, juga dipasang umbul-umbul merah putih di sekitarnya.

Ketika dikonfirmasi, Wakil Direktur (Wadir) 1 Rumah Sakit Umum Daerah dr Soedarso, Eni Nuraeni, membenarkan rencana kunjungan Presiden Jokowi tersebut.
Namun ia hanya memberikan jawaban singkat. "Iya benar (akan mengunjungi RSUD Soedarso-red) rencananya akan meresmikan. Persiapan insyaallah sudah siap," ujar Eni.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved