Tak Menerima Gaji, Karyawan Adukan Rumah Sakit Parindu ke Disnakertrans Kabupaten Sanggau

Perwakilan karyawan RS Parindu dr Mislaini Matondang mengatakan bahwa, keterlambatan pembayaran gaji sebenarnya sudah terjadi sejak September

Penulis: Hendri Chornelius | Editor: Hamdan Darsani
TRIBUNPONTIANAK/ISTIMEWA
Sejumlah karyawan RS Parindu didampingi Kades Binjai saat mendatangi Kantor Disnakertrans Sanggau, Kalbar, Selasa 26 Juli 2022. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, SANGGAU - Sejumlah perwakilan karyawan Rumah Sakit (RS) Parindu mendatangi kantor Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Sanggau, Kalbar, Selasa 26 Juli 2022. Rumah Sakit Parindu terletak di Desa Binjai, Kecamatan Tayan Hulu, Kabupaten Sanggau, Kalbar.

Kedatangan mereka yang didampingi Kepala Desa (Kades) Binjai, Kecamatan Tayan Hulu, Heriyanto, itu untuk mengadu persoalan gaji yang belum dibayar oleh pihak manajemen rumah sakit sejak April 2022. RS Parindu merupakan rumah sakit dibawah naungan PT Kalimantan Medika Nusantara (KMN), anak perusahaan PTPN XIII

Perwakilan karyawan RS Parindu dr Mislaini Matondang mengatakan bahwa, keterlambatan pembayaran gaji sebenarnya sudah terjadi sejak September tahun 2021.

Dan saat itu gajih yang dibayarkan manajemen rumah sakit hanya separuh saja, sisanya dijanjikan dibayarkan pada beberapa bulan berikutnya. 

Diskominfo Sanggau Gelar Sosialisasi Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Melalui SP4N-Lapor

Akan tetapi keterlambatan tersebut berlanjut pada tahun 2022. Bahkan dari April hingga Juli gajih karyawan juga belum dibayar. Terkait persoalan itu, pada Februari lalu karyawan bertemu dengan pihak manajemen untuk menyelesaikan persoalan tersebut.

Lantaran belum ada kepastian terkait pembayaran gajih, pada tanggal 18 dan 25 Juli 2022, karyawan kembali melakukan pertemuan dengan manajemen untuk meminta tunggakan gajih segera dibayarkan.

"Namun sampai sekarang tidak ada realisasinya, sehingga terhitung 25 Juli 2022 kami mogok kerja. yang bagi kami ini adalah alternatif menyakitkan, karena tugas kami adalah memberikan pelayanan kesehatan. Tapi bagaimana kami memberi pelayanan kalau kesejahteraan kami tidak dipenuhi,"katanya, Selasa 26 Juli 2022.

Sementara itu, Kabid Hubungan Industrial, Jaminan Sosial dan Tenaga Kerja, Disnakertrans Kabupaten Sanggau, Bambang HS mengatakan bahwa secepat mungkin pihaknya akan mempertemukan kembali pihak karyawan dengan manajemen RS Parindu.

"Mereka (karyawan) sudah buat laporan dan laporannya kami terima. Secepat mungkin akan kami lakukan mediasi antar kedua belah pihak,"katanya.

Jika dalam mediasi nantinya belum juga bisa menyelesaikan persoalan yang diadukan, maka pihaknya akan mengeluarkan anjuran agar persoalan tersebut diselesaikan di Pengadilan Hubungan Industrial.

"Pengadilan itu nanti yang memutuskan. Akan tetapi kalau masih tidak puas, kasusnya masih bisa dilanjutkan ke Mahkamah Konstitusi. Akan tetapi kita harapkan mudah-mudahan dengan mediasi bisa selesai," ujarnya.

Kades Binjai Heriyanto mengatakan bahwa kehadirannya mendampingi perwakilan karyawan RS Parindu, lantaran merasa prihatin atas persoalan yang dialami karyawan RS tersebut.

"Saya hadir untuk memberikan support, mereka telah menyumbangkan jasa yang luar biasa demi kesehatan masyarakat. Perjuangan mereka nyata, tapi miris ketika hak mereka terabaikan," ujarnya.

Untuk itulah, pria yang juga Ketua DAD Kecamatan Tayan Hulu itu meminta agar pihak manajemen RS Parindu segera membayarkan hak karyawan di RS Parindu. "Mereka membutuhkan gaji itu untuk memenuhi kebutuhan keluarganya. Dan kepada Disnakertrans Sanggau,  diharapkan bisa membantu karyawan untuk mendapatkan haknya,"ujarnya.

Sementara itu, Direkrut PT KMN, dr Hengky Adrian mengatakan bahwa saat ini pihaknya sedang berusaha untuk mencarikan solusi dan jalan terbaik terkait persoalan tersebut. "Yaitu membangun komunikasi intens dengan owner dalam hal ini PTPN XIII,"katanya melalui telpon selulernya, Selasa 26 Juli 2022(*)

Cek Berita dan Artikel Mudah Diakses di Google News

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved