Wako Singkawang Tjhai Chui Mie Sebut Kalau Pintar Tapi Kurang Ajar Itu Tidak Mau Dipakai Siapapun

Tjhai Chui Mie meyakini anak usia dini yang dibekali pendidikan akan menjadi teladan dalam berperilaku baik di tengah kehidupan bermasyarakat.

Penulis: Rizki Kurnia | Editor: Hamdan Darsani
TRIBUNPONTIANAK/ISTIMEWA
Wali Kota Singkawang, Tjhai Chui Mie memberikan hadiah kepada seorang anak peserta PAUD di Singkawang. Minggu 24 Juli 2022. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, SINGKAWANG - Menanamkan karakter positif lewat pendidikan anak usia dini (PAUD) menjadi hal yang penting menurut Wali Kota Singkawang, Tjhai Chui Mie.

Hal ini sempat ia sampaikan saat menghadiri Harmonisasi, Sosialisasi dan Pembinaan Bunda PAUD Kabupaten/Kota se-Provinsi Kalimantan Barat di Aula PAUD Alam Terbuka.

Tjhai Chui Mie meyakini anak usia dini yang dibekali pendidikan akan menjadi teladan dalam berperilaku baik di tengah kehidupan bermasyarakat.

Terlalu Banyak Menghirup Asap, Dua Korban Kebakaran di Singkawang Sedang Dirawat Intensif

"Pendidikan Anak Usia Dini itu sangat penting karena merupakan pendidikan dasar bagi anak-anak. Mereka ditanamkan dan diajarkan ilmu-ilmu yang baik sejak usia dini supaya menjadi suatu kebiasaan yang mendarah daging ketika tumbuh besar nanti," ujar Tjhai Chui Mie, Senin 25 Juli 2022.

Ilmu-ilmu tersebut, lanjut Tjhai Chui Mie, dapat berupa budaya disiplin bangun pagi, keseragaman dengan memakai seragam sekolah, penerapan budi pekerti dan kebudayaan.

"Suatu saat, peranan manusia bisa digantikan oleh teknologi, robot atau digitalisasi. Tapi budi pekerti dan budaya itu tidak bisa digantikan oleh apapun," katanya.

Kepada orang tua, Tjhai Chui Mie berpesan, agar dapat berkontribusi memperhatikan pendidikan anak demi kebaikan anak di masa depan.

Beberapa penelitian juga membuktikan bahwa daya serap anak usia dini lebih cepat untuk menangkap berbagai pendidikan dan mampu meniru perilaku orang dewasa. Untuk itu, ia berharap agar seluruh anak-anak di Kota Singkawang mendapatkan pendidikan yang layak dan merata.

"Kalau pintar tapi kurang ajar itu tidak mau dipakai siapapun. Tapi, kalau anak punya budi pekerti dan berkemauan tinggi walaupun tidak pintar-pintar amat, di masa depan dia akan jadi orang yang berguna. Perlahan tapi pasti, pengalaman, pengetahuan dan keahliannya bertambah," ujarnya.

Oleh sebab itu, mengajarkan anak, menurutnya bukan semata-mata untuk kepintaran semata. Tetapi tentang bagaimana anak-anak bisa menghormati orang tua, saudara, teman-teman dan lingkungannya.

"Maka dari itu, penting bagi para guru, Bunda PAUD dan orang tua untuk terus memperhatikan perkembangan anak dan pendidikannya," tambahnya.

Pada kesempatan itu Wali Kota juga menyalurkan bantuan alat permainan edukatif dan alat tulis kantor dari Bunda PAUD Provinsi Kalimantan Barat kepada Bunda PAUD Kota Singkawang. (*)

Cek Berita dan Artikel Mudah Diakses di Google News

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved