KPU Mempawah Harap Dukungan Kepolisian Kawal Pemilu 2024

“Sehubungan dengan itu, kami mohon dukungan dan kerjasama bapak Kapolres beserta jajaran dalam mengawal dan mengamankan setiap tahapan Pemilu 2024,” k

Penulis: Ramadhan | Editor: Rivaldi Ade Musliadi
TRIBUNPONTIANAK/ISTIMEWA/Dok. Humas Polres Mempawah
Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Mempawah, menggelar kunjungan silaturahmi ke Mapolres Mempawah, Kamis 30 Juni 2022. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, MEMPAWAH - Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Mempawah, menggelar kunjungan silaturahmi ke Mapolres Mempawah, Kamis 30 Juni 2022.

Kedatangan Komisioner KPU Mempawah yang diketuai M Agoes Soesanto, disambut hangat oleh Kapolres AKBP Fauzan Sukmawansyah dan jajaran, di ruang kerjanya.

Hadir bersama Agoes, empat Komisioner KPU lainnya yaitu Mursalin, Munawaroh, Fetrus Anyim dan Rasidi, serta mereka didampingi Sekretaris KPU Mempawah, Eldeni.

Sedangkan Kapolres didampingi Kabagops AKP Arifin Harahap, Kasat Lantas AKP Gatot Poerwarno, serta Kasat Intelkam Iptu Abdullah.

Ketua KPU Mempawah, Agoes Soesanto mengatakan, pertemuan pihaknya bersama Kapolres, dalam rangka koordinasi pelaksanaan tahapan Pemilu tahun 2024.

Dirinya menyampaikan, tahapan Pemilu tahun 2024 berdasarkan PKPU Nomor 3 tahun 2022, yaitu dimulai sejak tanggal 14 Juni 2022, atau selama 20 bulan.

“Sehubungan dengan itu, kami mohon dukungan dan kerjasama bapak Kapolres beserta jajaran dalam mengawal dan mengamankan setiap tahapan Pemilu 2024,” katanya, Jumat 1 Juli 2022.

Lebih lanjut, Agoes turut menyampaikan mengenai potensi kerawanan yang dimungkinkan akan terjadi pada tahapan pemilu, sehingga memerlukan perhatian dan pengamanan khusus.

POPDA Kalbar Baru Dibuka, Kontingen Kabupaten Mempawah Sudah Dapat Reward Rp 25juta

Kemudian, ia juga menginformasikan bahwa KPU telah meluncurkan website yang bisa diakses secara umum terkait sosialisasi peraturan penyelenggaraan Pemilu 2024 dan akan segera mensosialisasikan website dimaksud.

Selanjutnya, Agoes juga menyampaikan bahwa pada Pemilu 2024, prosesi penghitungan suara akan dilakukan secara online melalui aplikasi SIREKAP.

“Namun kendalanya tidak semua daerah ada akses internet, sehingga dimungkinkan ada beberapa wilayah tetap akan dilakukan secara offline,” ungkapnya.

Mengenai jadwal penyelenggaraan kampanye yang tidak diatur dalam PKPU, maka KPU Mempawah, imbuh Agoes, mengharapkan peran Polri untuk mengaturnya melalui STTP agar tidak terjadi bentrok antar parpol/antar pendukung caleg.

Sementara itu, Kapolres AKBP Fauzan Sukmawansyah menyambut baik kedatangan Komisioner KPU dan menegaskan dukungan Polri dalam proses pengamanan dalam setiap tahapan Pemilu tahun 2024.

“Kami mengharapkan pihak KPU lebih sering mengadakan pertemuan yang melibatkan Pemerintah Daerah, TNI dan Polri dengan penyelenggara pemilu untuk kesiapan pengamanan,” katanya.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved