Ketersediaan Hewan Kurban di Sanggau Mencukupi, Ini Jumlah yang Tersedia

Ia juga memprediksi jumlah hewan yang dikurbankan umat muslim di Kabupaten Sanggau tahun 2022 tidak jauh berbeda dari tahun sebelumnya.

TRIBUNPONTIANAK/ISTIMEWA/Dok. Dadan Sumarna
Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan Dinas Perkebunan dan Peternakan (Disbunnak) Kabupaten Sanggau, Dadan Sumarna. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, SANGGAU - Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan Dinas Perkebunan dan Peternakan (Disbunnak) Kabupaten Sanggau, Dadan Sumarna mengatakan bahwa untuk memenuhi hewan kurban tahun 2022, Kabupaten Sanggau tidak akan mendatangkan sapi dan kambing dari luar Provinsi Kalimantan Barat.

Dikatakannya, ketersediaan sapi dan kambing sangat mencukupi. Sapi yang ready sebanyak 741 ekor, sedangkan kebutuhan kurban diperkirakan 500 an ekor tahun 2022.

"Begitu juga kambing, ada 400 an ekor, sementara kebutuhan untuk kurban diperkirakan 200 an ekor.
Tapi ini data sementara, karena petugas kita di lapangan masih mengumpulkan data,"katanya, Senin 27 Juni 2022.

Ia juga memprediksi jumlah hewan yang dikurbankan umat muslim di Kabupaten Sanggau tahun 2022 tidak jauh berbeda dari tahun sebelumnya.

PMI Gelar Baksos Sunatan Massal Gratis di Batang Tarang dan Parindu Sanggau 

Oleh karena itu, dengan ketersediaan sapi dan kambing yang ada saat ini Kabupaten Sanggau surplus hewan kurban.

"Kalaupun mendatangkan kemungkinan dari Kabupaten tetangga kita saja, kalau dari luar provinsi kita stop dulu,"jelasnya.

Dadan juga mengatakan, petugas kesehatan hewan yang diturunkan Disbunnak Sanggau, belum menemukan adanya hewan yang terindikasi Penyakit Mulut dan Kuku (PMK).

"Kalau kasus yang PMK kemarin itukan terjadi di satu lokasi saja, tidak menyebar kemana-mana. Dan saat ini hewan-hewan yang terindikasi itu sudah sehat,"pungkasnya. (*)

Cek berita dan artikel mudah diakses di Google News

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved