Paus Fransiskus Beri Berkat Khusus Misionaris Indonesia yang Berkarya di Lebih 70 Negara

Paus Fransiskus memberi berkat khusus kepada para missionaris Indonesia yang berkarya di lebih dari 70 negara dengan membubuhkan tandatangan

Penulis: Stefanus Akim | Editor: Stefanus Akim
IST
TERIMA KASIH - AM Putut Prabantoro mengucapkan terima kasih kepada Paus Fransiskus setelah penandatangan berkat bagi Missionais Indonesia di lebih 70 negara oleh Paus Fransiskus di Basilica St. Petrus, Vatikan, Rabu, 22 Juni 2022. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, VATIKAN - Paus Fransiskus memberi kejutan untuk para misionaris Indonesia di seluruh dunia dan ini di luar kebiasaan.

Paus Fransiskus memberi berkat khusus kepada para missionaris Indonesia yang berkarya di lebih dari 70 negara dengan membubuhkan tandatangan pada lembar kertas yang dibawa oleh Panitia Perayaan Paskah Bersama Diaspora Indonesia Katolik Sedunia Tahun 2022 yakni AM Putut Prabantoro (Ketua) dan L Gora Kunjana (Sekretaris) dalam acara audiensi umum di Basilica St Petrus, Vatikan, Rabu, 22 Juni 2022. 

Perayaan Paskah tersebut mengambil thema “INDONESIA TO THE CONTINENTS” dan dipersembahkan bagi para missionaris Indonesia.

Turut menyaksikan penandatanganan berkat tersebut RD Antonius Suhermanto dari Keuskupan Tanjung Karang, Lampung.

Sebelum bertemu Paus, rombongan diantar ke Area Khusus (Reparto Speciale) dalam audiensi umum tersebut oleh satu-satunya pejabat Vatikan dari Indonesia yakni RP Markus Solo Kewuta SVD atau Romo Markus Solo Kewuta SVD.

Rancangan berkat sudah dipersiapkan sebelum bertolak ke Vatikan dan disusun bersama antara AM Putut Prabantoro yang juga merupakan Taprof Lemhannas RI Bidang Ideologi & Sosbud dan RD Bernardus Singgih Guritno asal dari Keuskupan Agung Semarang (KAS) yang pada saat ini menjalani studi doktoral Ilmu Paedagogi dan Formasi Guru di Unitersitas Salesian, Roma. 

BACA: Uskup Agung Pontianak Sabet Penghargaan Inspiring Professional Award 2021

BACA: Akhiri Tugas Sebagai Dubes RI di Vatikan, Amrih Jinangkung Akui Tugasnya Istimewa dan Bermakna

Oleh RP Markus Solo SVD dikatakan, penandatangan berkat oleh Paus Fransiskus sangat istimewa dan menjelaskan makna khusus bagi para missionaris Indonesia.

Sementara Dubes Indonesia untuk Tahta Suci, Laurentius Amrih Jinangkung mengucapkan selamat kepada para misionaris. Dikatakan, para missionaris Indonesia di seluruh dunia adalah duta-duta bangsa yang 100 persen Katolik dan 100 persen Indonesia. Amrih Jinangkung berharap semoga para missionaris selalu sehat, tetap rendah hati dan setia dalam panggilan.

Berkat tersebut berbunyi La mia benedizione per i missionari indonesiani che si trovano in più di 70 paesi in tutto il mondo. Spero che tutte le vostre opere possano portare sempre l'amore di Dio a coloro che hanno bisogno della vostra presenza. E a loro la vostra presenza possa manifestare la vera immagine di Dio. Rimanete a essere umile e fedele nella vocazione missionaria. - La mia benedizione Papa Francesco

Artinya, “Berkatku bagi para misionaris Indonesia yang berada di lebih dari 70 negara di dunia. Semoga karya-karya kalian bisa selalu membawa kasih Allah bagi mereka yang membutuhkan kehadiran kalian dan semoga kehadiran kalian selalu menghadirkan gambaran sejati Allah. Tetaplah rendah hati dan setia dalam panggilan sebagai misionaris.”

Bagi AM Putut Prabantoro, audiensi umum pada Rabu, 22 Juni 2022 merupakan pertemuannya ketiga dengan Paus Fransiskus menyusul pertemuannya pada 28 Oktober 2015 dan 16 Oktober 2019. Sementara bagi L. Gora Kunjana yang berprofesi sebagai wartawan, pertemuan tersebut adalah peristiwa kedua menyusul pertemuan pertamanya pada 16 Oktober 2019.

TERIMA KASIH - AM Putut Prabantoro mengucapkan terima kasih kepada Paus Fransiskus setelah penandatangan berkat bagi Missionais Indonesia di lebih 70 negara oleh Paus Fransiskus di Basilica St. Petrus, Vatikan, Rabu, 22 Juni 2022.
TERIMA KASIH - AM Putut Prabantoro mengucapkan terima kasih kepada Paus Fransiskus setelah penandatangan berkat bagi Missionais Indonesia di lebih 70 negara oleh Paus Fransiskus di Basilica St. Petrus, Vatikan, Rabu, 22 Juni 2022. (IST)

JARANG TERJADI

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved