Polres Kapuas Hulu Selamatkan Pelaku Curanmor Dengan Restorative Justice

"Juga motif pelaku untuk melakukan pencurian, karena tidak memiliki biaya untuk kembali ke Pulau Jawa, maka Polres Kapuas Hulu akan melaksanakan Resto

Penulis: Sahirul Hakim | Editor: Rivaldi Ade Musliadi
TRIBUNPONTIANAK/SAHIRUL HAKIM
Kapolres Kapuas Hulu AKBP France Yohanes Siregar, saat menunjukkan barang bukti sepeda motor yang berhasil dicuri oleh pelaku, RDS, dalam acara prees rilis di Mapolres Kapuas Hulu, Selasa 31 Mei 2 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, KAPUAS HULU - Kapolres Kapuas Hulu AKBP France Yohanes Siregar, menyatakan, kalau pihaknya telah melakukan restorative justice (Fokus pidana diubah menjadi proses dialog dan mediasi), kepada pelaku beranisial RDS, pencurian sepeda motor (Curanmor) miliknya Petrix Irak, di Jalan Nanga Kantuk Sungai Antu, Dusun Melancau, Desa Sungai Mawang, Kecamatan Puring Kencana, Kabupaten Kapuas Hulu.

"Restorative Justice dilakukan berdasarkan permintaan dari korban untuk memaafkan pelaku,
mengingat belum ada catatan kejahatan sebelumnya yang di lakukan oleh pelaku," ujarnya kepada wartawan, saat menyampaikan prees rilis di Mapolres Kapuas Hulu, Selasa 31 Mei 2022.

Dengan mempertimbangkan syarat formil, dan materil sebagaimana yang tertuang di dalam Perpol Nomor 8 Tahun 2021, serta memberikan azas manfaat yang menguntungkan bagi korban dalam proses berperkara.

"Juga motif pelaku untuk melakukan pencurian, karena tidak memiliki biaya untuk kembali ke Pulau Jawa, maka Polres Kapuas Hulu akan melaksanakan Restorative Justice pada perkara tersebut," ungkapnya.

Seorang pelaku beranisial RDS mengucapkan terimakasih kepada korban telah memanfaatkannya dan mencabut laporan di Polisi. "Saya bisa lepas tidak diproses hukum," ujarnya kepada wartawan.

Polisi Terjerat Narkoba di Polres Kapuas Hulu Akui Terpaksa Menggunakan Sabu Akibat Tekanan Kerja

RDS juga mengakui kalau dirinya telah mencuri sepeda motor miliknya korban, di Jalan Nanga Kantuk Sungai Antu, Dusun Melancau, Desa Sungai Mawang, Kecamatan Puring Kencana, karena memang terpaksa untuk pulang ke Jawa,

"Saya dibawa orang untuk bekerja di wilayah Perbatasan (Kapuas Hulu), datang kesini ternyata dibohongi, dan pengen pulang ke Jawa tak ada biaya, terpaksa mencuri sepeda motor," ungkapnya.

Korban atau pemilik sepeda motor, Petrix Irak menyatakan kalau dirinya telah memanfaatkan pelaku, karena demi kemanusiaan.

"Dia mencuri dalam keadaan terpaksa, dan sepeda motor sudah dikembalikan ke saya," ujarnya.

Petrix Irak juga mengucapkan terimakasih kepada Polres Kapuas Hulu, telah bersusah payah mengungkapkan dan menangkap pelaku.

"Kepada pelaku jangan mengulangi perbuatannya lagi," ungkapnya.

Sedangkan kronologi kejadian pencurian sepeda motor tersebut, pada tanggal 26 Mei 2022 sekitar pukul 08.00 WIB, korban Petrix Irak bersama temannya berangkat dari Dusun Melancau, untuk pergi berburu binatang menggunakan sepeda motor masing masing.

Setibanya didekat hutan korban dan rekan-rekannya korban memarkirkan sepeda motor nya masing - masing ditepi jalan masuk kejalan setapak kurang lebih 30 meter dari jalan besar atau jalan utama di Jalan Nanga Kantuk Sungai Antu, Dusun Melancau, Desa Sungai Mawang, Kecamatan Puring Kencana.

Kemudian pada sore harinya sekitar pukul 17.00 WIB, korban dan rekan rekan keluar dari dalam hutan hendak pulang, namun setibanya ditempat ternyata sepeda motor Honda VERZA warna merah milik korban sudah hilang.

Korban berusaha melakukan pencarian dengan menghubungi Istri dan anak, namun tidak ada yang mengetahui keberadaan sepeda motor milik korban.

Setelah yakin bahwa sepeda motor milik Korban tersebut hilang di curi orang, korban kemudian melaporkan kejadian tersebut ke Polsek Puring Kencana.

Atas kerjasama yang baik antar Polsek jajaran Polres Kapuas Hulu, Polres Kapuas Hulu berhasil mengungkap pelaku pencurian sepeda motor milik Korban. Pelaku dengan inisial RDS berhasil di amankan oleh personil Polsek Seberuang di wilayah Dusun Pala Tengah Desa Pala Kota Kecamatan Seberuang Kabupaten Kapuas Hulu. (*)

Cek Berita dan Artikel Mudah Diakses di Google News

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved